Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar - Matematika Kelas 8 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah    
Kelas 8 (SMP/MTS)
Matematika 
Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar


Latihan Soal dan Jawaban






Sebuah boneka Danboard dibuat dari kertas karton board. Boneka ini adalah kreasi dari Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba.

Bentuk boneka ini sangat unik, yaitu action figure dengan penampilan seperti manusia dengan ukuran mini 7 cm dan 13 cm.

Siapa pun pasti akan merasa gemas ketika melihat si boneka ini.

Bagaimana tidak, boneka dapat digerakkan secara manual dan dibentuk dengan berbagai macam gaya yang unik. Perusahaan yang membuatnya menggunakan teknologi tinggi di setiap persendian boneka ini sehingga membuatnya mampu bergerak luwes.


Menentukan Luas Permukaan Kubus dan Balok




Gambar di atas merupakan gambar kotak kue yang digunting (diiris) pada tiga buah rusuk alas dan atasnya serta satu buah rusuk tegaknya, yang direbahkan pada bidang datar sehingga membentuk jaring-jaring kotak kue.

Pada Gambar (iii) di dapat sebagai berikut:

 L 1 = L5, L2 = L4, dan L3 = L6 Sehingga luas seluruh permukaan kotak kue.

= L 1 + L2 + L3 + L4 + L5 + L6  

= (L1 + L5) + (L2 + L4) + (L3 + L6) 

= (2×L1) + (2×L2) + (2×L3) 

= (2×7×20) + (2×7×14) + (2×14×20) 

= (280) + (196) + (560) 

= 1.036 


Jadi, luas seluruh permukaan kotak kue adalah 1.036 cm2


Perhatikan kembali gambar kotak kue berikut:




Pada gambar di atas, didapat sebagai berikut: 

L 1 = L2 = L3 = L4 = L5 = L6 

Sehingga luas seluruh permukaan kotak kue 

L 1 = L2 = L3 = L4 = L5 = L6 

= 6 × L 1 

= 6 × (9 × 9) 

= 6 × (81) 

= 486 

Jadi, luas seluruh permukaan kotak kue adalah 486 cm2.


Jika suatu kotak kue yang berbentuk balok diiris pada tiga buah rusuk alasnya dan atasnya, serta satu buah rusuk tegaknya, kemudian direbahkan sehingga terjadi bangun datar, maka bangun datar itu dinamakan jaringjaring balok.

Demikian juga pada kotak kue yang berbetuk kubus, apabila diiris pada rusuk-rusuk tertentu dan direbahkan pada bangun datar, maka bangun datar itu dinamakan jaring-jaring kubus.


Menentukan Luas Permukaan Prisma 



Dalam matematika gambar di atas disebut dengan prisma.

 Jaring-jaring prisma





Menghitung Luas Prisma Segi Tiga




Menghitung Luas Prisma Segi Empat




Menghitung Luas Prisma Segi Enam




Menentukan Luas Permukaan Limas


Pada bagian atas gubuk dan tenda dapat digambar sebagai berikut.




Dalam matematika gambar di atas disebut dengan limas. Pada gambar tersebut dibatasi oleh satu alas yang berbentuk persegi panjang dan empat sisi tegak yang berbentuk segitiga. 


Diketahui alas limas tersebut berbentuk persegi dengan panjang TE = 5 cm dan AB = 6 cm.

Berdasarkan informasi yang diketahui pada soal ini, apakah luas permukaannya bisa ditentukan?



Soal tersebut bisa diselesaikan, karena bentuk alasnya persegi dengan ukuran sisi 6 cm dan tinggi bidang tegaknya juga sudah diketahui ukurannya, yaitu 5 cm.

Dengan demikian, selanjutnya tinggal cari luas permukaannya denga rumus:

L = luas alas + jumlah luas bidang tegak 

L = 62 + 4 × 1

2× 6 × 5 L 

= 36 + 60 L 

= 96 

Jadi, luas permukaannya adalah 96 cm2.

Tuliskan apa saja hal-hal yang diketahui pada setiap soal yang kalian temukan itu, kemudian tentukan perbedaan-perbedaan bentuk soalnya.



Menentukan Volume  Kubus dan Balok


Kita dapat menghitung volume kubus dengan mengalikan panjang, lebar dan tingginya. berikut gambaran mengenai volume kubus.




Contoh soal

Perhatikan gambar balok berikut ini, berapakah volumenya?



Balok di atas mempunyai p = 12 cm, l = 8 cm, dan t = 5 cm.


v = p × l × t 

= 12 × 8 × 5 

= 480 

Jadi, volume balok tersebut adalah 480 cm3.



Menentukan Volume Prisma


Volume prisma dapat dihitung dengan perkalian antara luas alas dengan tingginya.

Perhatikan gambar berikut :





contoh soal

Pada Prisma ABCDEF.GHIJKL di bawah, alasnya adalah segienam beraturan dengan sisi 12 cm. Jika Tinggi prisma itu = 20 cm, tentukanlah: 

a. luas alasnya.

b. volum prisma itu






Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya