Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab XI Musik Kreasi - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Latihan Soal dan Jawaban Bab XI Musik Kreasi - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan filsafat dalam bidang ilmu musik?
   Jawaban: Filsafat dalam bidang ilmu musik memberikan arah dan pedoman dasar bagi terciptanya landasan kokoh suatu sistem pendidikan seni musik, usaha perbaikan, dan pengembangan pendidikan seni musik. 

2. Pertanyaan: Bagaimana Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan musik?
   Jawaban: Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan musik sebagai segala perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya perasaan dan sifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa/perasaan manusia, baik melalui musik vokal maupun instrumen.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan kreativitas dalam konteks musik?
   Jawaban: Kreativitas dalam konteks musik adalah kemampuan seseorang untuk mencipta atau berkreasi dalam menciptakan, menciptakan daya cipta, dan hasil daya cipta yang asli, unik, dan bermanfaat.

4. Pertanyaan: Apa saja tiga hal penting yang dapat mempengaruhi gagasan kreatif dalam musik?
   Jawaban: Tiga hal penting yang dapat mempengaruhi gagasan kreatif dalam musik adalah kecakapan, keterampilan, dan motivasi.

5. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan CORE dalam kreativitas musik?
   Jawaban: CORE merupakan inti bagi kegiatan kreativitas, mencakup tingkat rasa ingin tahu, keterbukaan, kesiapan menghadapi risiko, dan tingginya semangat dalam melakukan hal kreatif.

6. Pertanyaan: Apa itu partitur dalam musik?
   Jawaban: Partitur dalam musik, atau disebut juga partition atau score, adalah lembaran kertas yang memuat notasi dari sebuah komposisi musik, termasuk partitur lengkap, vocal score, dan orchestral score.

7. Pertanyaan: Apa perbedaan antara komposisi, improvisasi, dan aransemen dalam konteks penciptaan musik?
   Jawaban: Komposisi adalah penyusunan karya musik dalam bentuk tertulis dan abadi, improvisasi adalah penciptaan musik tidak tertulis dan tidak abadi, sementara aransemen adalah penggubahan atau susunan ulang suatu karya musik.

8. Pertanyaan: Apa langkah-langkah untuk menciptakan sebuah komposisi musik kreasi?
   Jawaban: Langkah-langkah menciptakan komposisi musik kreasi melibatkan mendengarkan contoh bentuk komposisi lagu atau instrumen, memilih teks yang baik, membaca teks dan membayangkan jenis musik, membaca pola komposisi, menetapkan unsur-unsur musikal, mendengarkan komposisi melodi, menulis karya komposisi, dan menyajikan untuk dikritisi.

9. Pertanyaan: Apa definisi dari penciptaan musik sebagai bentuk musikal?
   Jawaban: Penciptaan musik sebagai bentuk musikal dibedakan atas sebutan komposisi, yang merupakan penyusunan karya musik dalam bentuk tertulis, bersifat abadi, dan dapat diperdengarkan, dinilai, dan diapresiasi masyarakat.

10. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan improvisasi dalam konteks penciptaan musik?
    Jawaban: Improvisasi adalah penciptaan musik yang tidak tertulis dan tidak bersifat abadi karena tidak dapat diulang kembali dalam bentuk serta intensitas yang sama.


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK