Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab X Kritik Karya Seni Rupa - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Latihan Soal dan Jawaban Bab X Kritik Karya Seni Rupa - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tema dalam konteks karya seni rupa?
   Jawaban: Tema dalam konteks karya seni rupa dapat diartikan sebagai sesuatu yang merupakan tanda kelihatan yang menggantikan gagasan atau objek tertentu, bisa berupa kata, tanda, isyarat, yang mewakili sesuatu dengan arti, kualitas, abstraksi, gagasan, atau objek.

2. Pertanyaan: Bagaimana karya seni rupa dapat dikelompokkan atau dikategorikan berdasarkan jenisnya?
   Jawaban: Karya seni rupa dapat dikelompokkan atau dikategorikan berdasarkan jenisnya berdasarkan kesamaan karakteristik yang dimilikinya.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan nilai estetis dalam seni rupa?
   Jawaban: Nilai estetis dalam seni rupa secara umum dapat dimaknai sebagai nilai keindahan dari sebuah karya seni rupa.

4. Pertanyaan: Siapa saja tokoh seni rupa yang dikenal di Indonesia?
   Jawaban: Tokoh seni rupa yang dikenal di Indonesia antara lain Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, Sudjojono, GM Sidharta, Popo Iskandar, Barli, Sasmitawinata, dan sebagainya.

5. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan deskripsi dalam kritik karya seni rupa?
   Jawaban: Deskripsi dalam kritik karya seni rupa adalah tahapan untuk menemukan, mencatat, dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat tanpa melakukan analisis atau mengambil kesimpulan.

6. Pertanyaan: Apa yang dilakukan pada tahapan analisis formal dalam kritik karya seni?
   Jawaban: Tahapan analisis formal dalam kritik karya seni adalah menelusuri sebuah karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya.

7. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tahap menafsirkan dalam kritik karya seni rupa?
   Jawaban: Tahap menafsirkan dalam kritik karya seni rupa adalah penafsiran makna sebuah karya seni, meliputi tema yang digarap, tema yang dihadirkan, dan masalah-masalah yang dikedepankan.

8. Pertanyaan: Apa yang dilakukan pada tahapan menilai dalam kritik karya seni rupa?
   Jawaban: Tahap menilai dalam kritik karya seni rupa melibatkan evaluasi kritis dengan langkah-langkah seperti membandingkan karya, menetapkan tujuan atau fungsi, menilai sejauh mana karya berbeda, dan menelaah karya dari segi kebutuhan khusus dan pandang tertentu.

9. Pertanyaan: Apa langkah-langkah evaluasi atau penilaian kritis dalam kritik karya seni rupa?
   Jawaban: Langkah-langkah evaluasi atau penilaian kritis melibatkan membandingkan karya, menetapkan tujuan atau fungsi, menilai sejauh mana karya berbeda, dan menelaah karya dari segi kebutuhan khusus dan pandang tertentu.

10. Pertanyaan: Apa contoh tulisan tentang karya seni rupa dan siapa pelukisnya?
    Jawaban: Contoh tulisan tentang karya seni rupa adalah "Hardi, 'Pedagang Asongan', 1988, Cat minyak, akrilik pada kanvas, 145 x 150 cm." karya pelukis Hardi.


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK