Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab IV Analisis Seni Musik - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Latihan Soal dan Jawaban Bab IV Analisis Seni Musik - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)

Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan proses kreatif dalam penciptaan karya musik?
   Jawaban: Proses kreatif dalam penciptaan karya musik melibatkan tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi sebagai langkah-langkah utama.

2. Pertanyaan: Bagaimana Munandar mendefinisikan kreativitas dalam konteks musik?
   Jawaban: Munandar mendefinisikan kreativitas sebagai dimensi fungsi kognitif yang bersatu, berbeda dari intelegensi, tetapi berpikir divergen atau kreatif.

3. Pertanyaan: Menurut Karl Seashore, apa makna musik dalam konteks pesona jiwa?
   Jawaban: Karl Seashore menyatakan bahwa musik memiliki makna sebagai pesona jiwa yang dapat memunculkan berbagai perasaan seperti kegembiraan, kesedihan, semangat, galau, sesal, harapan, keceriaan, ketenangan, dan kedamaian.

4. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan simbol musik dan mengapa notasi menjadi simbol utama?
   Jawaban: Seni musik merupakan simbolisasi pencitraan unsur-unsur musik dengan substansi dasarnya suara dan nada. Notasi, sebagai elemen utama musik, merupakan simbol musik utama berupa nada-nada.

5. Pertanyaan: Bagaimana simbol musik digunakan dalam musik daerah Sunda?
   Jawaban: Dalam musik daerah Sunda, simbol musik identik dengan sebutan Titilaras, yang merupakan unsur pertama dalam seni karawitan. Titilaras adalah nada atau not, dan laras adalah susunan nada-nada dalam satu gembyang.

6. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan pola irama dalam musik?
   Jawaban: Pola irama dalam musik mencakup pola irama rata, pola irama tidak rata, dan pola irama berulang-ulang (ostinato irama).

7. Pertanyaan: Apa yang menjadi elemen-elemen unsur ekspresi dalam musik?
   Jawaban: Elemen-elemen unsur ekspresi dalam musik meliputi tempo, dinamik, timbre, frase, karakter suara, gaya suara, modulasi, dan transposisi.

8. Pertanyaan: Bagaimana nilai estetis terwujud dalam seni musik?
   Jawaban: Nilai estetis dalam seni musik merupakan untaian mutiara artistik yang dapat mendekatkan manusia pada nilai-nilai keindahan, terwujud melalui suara dan bunyi yang bernada, berkomunikasi, dan berkreasi.

9. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan nilai edukatif dalam seni musik?
   Jawaban: Nilai edukatif dalam seni musik mencakup mendidik, mengajar, melatih, dan membimbing kegiatan dalam berolah musik.

10. Pertanyaan: Bagaimana musik dapat menjadi bagian dari dunia bunyi dan/atau dunia suara?
    Jawaban: Musik dapat menjadi bagian dari dunia bunyi dan/atau dunia suara melalui ekspresi suara dan bunyi yang menciptakan komunikasi dan kreasi musik.


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK