Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab II Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SEMESTER I PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 8 (SMP/MTS) SEMESTER I
PRAKARYA
Bab II Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)


Latihan Soal dan Jawaban

Cara penyampaian informasi (teknologi informasi) menurut perkembangan peradaban meliputi antara lain: gambar-gambar tak bermakna pada dinding gua, prasasti dan internet.

A. Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi 

Perkembangan sistem informasi tersaji dalam periode-periode berikut.


1. 3000 SM

Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. 

2. 2900 SM

Pada 2900 SM bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif

3. 500 SM

Manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar Sungai Nil. 

4. 105 M

Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas.


B. Media Penghantar Komunikasi

1. Media Komunikasi Masa Lalu (Kuno)

Beberapa alat komunikasi tradisional pada masa kuno sebagai berikut.


a. Kentongan

b. Daun Lontar

c. Lonceng

d. Burung Merpati

e. Prasasti

Gambar .Prasasti

f. Terompet dari Tanduk Hewan

g. Terompet Keong

h. Asap

i. Serat Papyrus

j. Piktografi


2. Media Komunikasi Modern

a. Surat Kabar/Koran

b. Radio

c. Televisi

d. Faksimili

e. Telepon

f. Handphone

g. Handy Talky

h. Komputer/Laptop


C. Peralatan dan Bahan Untuk Pembuatan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 

a. Bor

b. Gergaji

c. Tang

d. Palu

e. Gunting Seng

f. Ketam


D. Perancangan dan Pembuatan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 

1. Perencanaan

Identifikasi Kebutuhan
Bel secara otomatis akan berbunyi apabila tombol On ditekan, dan sebaliknya bel akan berhenti berbunyi saat tombol Off ditekan.

2. Persiapan

Ide/Gagasan
Pembuatan bel akan menggunakan motor listrik DC mainan/ mobil-mobilan. Motor listrik akan memutarkan lidi yang akan memukul kaleng sehingga menghasilkan bunyi.

3. Peralatan dan bahan

a. Palu untuk membuat rangka bel sederhana.

b. Gergaji untuk memotong balok kayu atau sejenisnya.

c. Gunting seng untuk memotong kaleng atau sejenisnya.

d. Meteran untuk mengukur panjang balok kayu yang digunakan sebagai rangka bel sederhana.

4. Pelaksanaan

a. Ukurlah kayu yang akan digunakan untuk membuat rangka bel dengan meteran.

Kayu pertama dengan ukuran panjang 13,5 cm dan lebar 3 cm sebanyak 1 buah.

Kayu kedua dengan ukuran panjang 10 cm dan lebar 3 cm sebanyak 2 buah.

Kayu ketiga dengan ukuran panjang 23 cm dan lebar 3 cm sebanyak 1 buah.

b. Potonglah kayu yang sudah diukur menggunakan gergaji.

c. Siapkan palu dan paku untuk menggabungkan kayu yang sudah dipotong, sehingga membentuk rangka bel sederhana 

d. Siapkan tutup botol sirup yang terbuat dari seng atau sejenisnya, kemudian ratakan pinggiran tutup botol dengan palu. Langkah selanjutnya, lubangi di tengah-tengah tutup botol dengan paku. Ingat, lubangnya harus sesuai dengan ujung motor listrik DC.

e. Gunting tutup botol yang sudah diratakan dengan gunting seng. Setelah itu buatlah satu lubang lagi di salah satu ujung tutup botol yang sudah digunting sebagai tempat untuk memasang lidi.

f. Ikat kaleng bekas dengan karet pada ujung kayu ketiga.

g. Ambil motor listrik DC kemudian masukkan ujung motor listrik DC ke dalam lubang tutup botol yang di tengah, sehingga bentuknya seperti baling-baling. Selanjutnya, ambil lidi dan masukkan ke dalam lubang tutup botol yang lain.

i. Siapkan tempat baterai dan baterai, kemudian pasang baterai sesuai dengan kutub positif-negatifnya.

j. Ikatkan tempat baterai tadi pada rangka bel dengan menggunakan karet dan pastikan tidak mudah lepas.

k. Sambungkan salah satu kabel dari baterai ke saklar, sedangkan kabel yang satunya lagi ke motor listrik DC. Kemudian ambil satu kabel tambahan yang digunakan untuk menghubungkan motor listrik DC dengan saklar

l. Pembuatan bel sederhana sudah selesai dan bel sederhana siap untuk diuji dengan cara tekan tombol on/off-nya.



MATERI LAINNYA

SEMESTER I 

Bab I Kerajinan Bahan Lunak

Bab II Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Bab III Budidaya Ternak Kesayangan

Bab IV Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan atau Minuman

Bab V Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-Kacangan dan Umbi menjadi Produk Pangan Setengah Jadi 


SEMESTER II

BAB I Kerajinan Bahan Limbah Keras 

BAB II Alat Penjernih Air

BAB III Budi Daya Satwa Harapan

BAB IV Pengolahan Bahan Setengah Jadi dari Serealia Kacang-Kacangan dan Umbi Menjadi Makanan Khas Wilayah Setempat 

BAB V Pengolahan Hasil Samping Serealia, Kacang-Kacangan dan Umbi menjadi Produk Pangan

B Indonesia     Matematika     IPA     Seni Budaya     B Inggris     PPKN     Prakarya      IPS     PJOK     

Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 8 

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK