1. Apa tujuan dari diversifikasi produk dalam usaha kerajinan untuk pasar global?
Diversifikasi produk dilakukan agar usaha tidak tergantung pada satu jenis produk dan satu pasar sasaran saja. Saat satu produk mengalami penurunan penjualan, maka produk lain akan mengatasinya.
2. Apa saja empat strategi pengembangan usaha yang dijelaskan dalam teks?
Strategi pengembangan usaha terdiri dari market penetration, market development, product development, dan diversification.
3. Bagaimana tahapan kegiatan wirausaha dibagi dalam teks?
Kegiatan wirausaha dibagi menjadi tiga tahapan. Tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi. Tahap kedua adalah produksi hingga penjualan. Tahapan ketiga adalah evaluasi dari seluruh kegiatan wirausaha yang telah dilakukan.
4. Apa yang dimaksud dengan rasionalisasi dalam proses perancangan produk?
Rasionalisasi adalah proses mengevaluasi ide-ide yang muncul dengan pertimbangan teknis, seperti bagaimana cara menggunakan produk, apakah material yang ada sudah tepat, dan apakah memungkinkan untuk diproduksi dengan teknik produksi yang ada.
5. Mengapa prototyping atau pembuatan studi model penting dalam perancangan produk?
Prototyping atau pembuatan studi model penting untuk menguji dan mengevaluasi desain produk sebelum diproduksi secara massal. Ini membantu memastikan bahwa produk dapat dihasilkan dengan tepat dan sesuai dengan ekspektasi.
6. Apa yang menjadi fokus dalam tahapan penentuan desain akhir dalam proses perancangan produk?
Tahapan penentuan desain akhir fokus pada memilih desain produk yang telah melewati rasionalisasi dan prototyping, serta memastikan bahwa desain tersebut dapat diproduksi dengan efisien.
7. Apa yang menjadi dua pendekatan dalam metode penghitungan Harga Pokok Produksi?
Metode penghitungan Harga Pokok Produksi dapat dibuat dengan dua pendekatan. Pendekatan pertama adalah full costing, dan pendekatan kedua adalah variable costing.
8. Sebutkan tiga pendekatan dalam metode penetapan harga jual produk secara teori.
Tiga pendekatan dalam metode penetapan harga jual produk secara teori adalah pendekatan permintaan dan penawaran (supply-demand approach), pendekatan biaya (cost-oriented approach), dan pendekatan pasar (market approach).
9. Apa tujuan dari promosi produk dalam konteks kerajinan untuk pasar global?
Tujuan promosi adalah untuk mengenalkan produk kepada calon pembeli dan membuat pembeli membeli produk.
10. Bagaimana proses penjualan produk kerajinan untuk pasar global dapat dilakukan secara langsung dan online?
Produsen memasang gambar dan informasi produk pada sosial media atau website, dan pembeli yang tertarik akan berkomunikasi secara online untuk membuat kesepakatan pembelian dan cara pembayaran. Media promosi yang digunakan tergantung pada sasaran yang dituju.
Komentar
Posting Komentar