Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 12 ( SMA / MA / SMK )
PRAKARYA
Bab V Wirausaha Produk Kerajinan untuk Pasar Global
Gambar .Peta Materi
Diversifikasi produk dilakukan agar usaha tidak tergantung pada satu jenis produk dan satu pasar sasaran saja. Saat satu produk mengalami penurunan penjualan, maka produk lain akan mengatasinya.
Upaya pengembangan usaha terdiri atas empat (4) strategi: market penetration, market development, product development dan diversifi cation.
Gambar .Model Ansoff tentang Diversifikasi Produk
A Perencanaan Usaha Kerajinan untuk Pasar Global
Kegiatan wirausaha dapat dibagi menjadi tiga tahapan.
Tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi.
Tahap kedua adalah produksi hingga penjualan.
Tahapan ketiga adalah evaluasi dari seluruh kegiatan wirausaha yang telah dilakukan.
Gambar .Produk Kerajinan, Didatangi atau Mendatangi Pasar Sasaran
B Perancangan dan Produksi Kerajinan untuk Pasar Global
Proses perancangan produk diawali dengan pencarian ide, dilanjutkan dengan pembuatan gambar atau sketsa ide.
1. Mencari Ide Produk dengan Curah Pendapat
Gambar .Cara Pengembangan Ide
Gambar .Contoh sketsa ide pada proses brainstorming
2. Rasionalisasi
Rasionalisasi adalah proses mengevaluasi ide-ide yang muncul dengan beberapa pertimbangan teknis, di antaranya, bagaimana cara menggunakan produk tersebut, apakah material yang ada sudah tepat untuk mewujudkannya? Apakah memungkinkan untuk diproduksi dengan teknik produksi yang ada saat ini?
3. Prototyping atau Membuat Studi Model
4. Penentuan Desain Akhir
Gambar .Alur Tahapan Produksi
C Penghitungan Harga Jual Produk Kerajinan untuk Pasar Global
Metode penghitungan Harga Pokok Produksi dapat dibuat dengan dua pendekatan. Pendekatan pertama adalah full costing dan pendekatan kedua adalah variable costing.
Metode Penetapan Harga Jual Produk secara teori dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu:
1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran (Supply Demand Approach)
2. Pendekatan Biaya (Cost Oriented Approach)
3. Pendekatan Pasar (Market Approach)
D Media Promosi Produk Kerajinan untuk Pasar Global
Tujuan promosi adalah untuk mengenalkan produk kepada calon pembeli dan membuat pembeli membeli produk. Promosi yang tepat akan diikuti oleh empat bentuk respon dari calon pembeli.
E Penjualan Produk Kerajinan untuk Pasar Global secara Langsung dan Online
Produsen memasang gambar dan informasi mengenai produk kerajinannya pada sosial media atau website. Gambar dan informasi harus menarik dapat dipahami oleh para calon pembeli. Pembeli yang tertarik akan berusaha untuk menghubungi produsen. Produsen dan konsumen selanjutnya akan berkomunikasi secara online baik melalui email, sms, whatsapp atau telepon untuk membuat kesepakatan pembelian dan cara pembayaran.
Gambar .Media promosi yang digunakan tergantung pada sasaran yang dituju
MATERI LAINNYA
Kerajinan
Rekayasa
Budi Daya
Pengolahan
Kerajinan
Rekayasa
Budi Daya
Pengolahan
Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 12
Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:
Komentar
Posting Komentar