Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab VI Unsur Pendukung Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 9 (SMP/MTS)
SENI BUDAYA
Bab VI  Unsur Pendukung Tari Kreasi 


Latihan Soal dan Jawaban


Sumber : Dokumen Kemdikbud



Gambar .Peta Materi 

A Unsur Pendukung Tari 

Unsur-unsur pendukung dalam tari antara lain adalah iringan (musik), tata busana (kostum), tata rias, tempat, tata lampu, dan tata suara (sound).


1. Iringan (Musik)

Keberadaan musik di dalam tari memiliki tiga aspek dasar yang kaitannya dengan tubuh dan kepribadian manusia, yaitu melodi, ritme, dan dramatik. 

2. Properti Tari

Properti tari pada dasarnya dapat digunakan untuk memberikan keindahan bentuk pada pertunjukan tari agar garapan tari akan terlihat lebih sempurna.


Gambar .Tari Uncul dari Betawi menggunakan properti tari berupa kayu panjang


Gambar .Tari Cokek Onde-Onde menggunakan properti tari selendang

3. Tata Rias dan Busana Tari Kreasi

Busana tari dapat dikelompokkan ke dalam lima bagian, yaitu:

a. pakaian dasar; b. pakaian kaki atau sepatu;

c. pakaian tubuh; d. pakaian kepala; e. perlengkapan-perlengkapan.


4. Tempat Pentas

Di Indonesia, kita dapat mengenal bentuk-bentuk tempat pertunjukan (pentas), seperti lapangan terbuka atau arena terbuka, di pendapa dan bentuk panggung proscenium.


5. Tata Lampu dan Tata Suara

Tata lampu dan tata suara sebagai unsur pelengkap sajian tari yang berfungsi untuk kesuksesan pergelaran.


Gambar .Pementasan drama Tari Ramayana yang diadakan di halaman Candi Prambanan dengan lighting dari sisi kanan dan kiri panggung


B Memperagakan Gerak Tari Kreasi dengan menggunakan 

Unsur Pendukung 


Gambar .Motif 1, gerak berjalan menuju sawah


Gambar .Motif 2, gerak memetik padi


Gambar .Motif 3, gerak membawa hasil panen


Gambar .Motif 4, gerak menikmati hasil panen



Materi Lainnya

Bab I  Seni Lukis 

Bab II  Seni Patung 

Bab III  Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal 

Bab IV  Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup 

Bab V  Tari Kreasi 

Bab VI  Unsur Pendukung Tari Kreasi 

Bab VII  Dasar Pemeranan Teater Modern 

Bab VIII  Penulisan Lakon 

Bab IX  Seni Grafis 

Bab X  Pameran 

Bab XI  Bernyanyi Lagu Populer 

Bab XII  Ansambel Lagu Populer 

Bab XIII  Pola Lantai Gerak Tari Kreasi 

Bab XIV  Meragakan Tari Kreasi 

Bab XV  Perancangan Pementasan 

Bab XVI  Pementasan Teater Berdurasi Pendek 

B Indonesia      Matematika      IPA      IPS      PJOK      Seni Budaya      B Inggris      PPKN      Prakarya       


Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 9

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK