Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab III Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 9 (SMP/MTS)
SENI BUDAYA
Bab III  Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal 


Latihan Soal dan Jawaban





Gambar . Peta Materi 

A Jenis Penampilan Vokal Solo/Tunggal 

Jenis penampilan vokal solo/tunggal seringkali dinilai penampilan yang paling sederhana dan tidak banyak membutuhkan banyak sarana dan prasarana, padahal sebenarnya sama saja. Setiap penampilan vokal solo justru memiliki beban yang lebih berat karena seluruh keberhasilan penampilannya sangat tergantung kepada sang vokalis atau penyanyi itu sendiri. 


B Materi Vokal 

1. Perbedaan mendasar terhadap materi vokal 

2. Warna suara/timbre

3. Wilayah Nada

Suara anak-anak:

a. Suara anak-anak tinggi, wilayah nadanya c’ – f’ 

b. Suara anak rendah, wilayah nadanya a – d’’

Suara wanita:

a. Sopran = Suara tinggi wanita, wilayah nadanya c’- a’’ 

b. Mezo Sopran = Suara sedang wanita, wilayah nadanya a - f’’ 

c. Alto = Suara rendah wanita, wilayah nadanya f – d’’

Suara pria:

a. Tenor = Suara tinggi pria, wilayah nadanya c – a’’ 

b. Bariton = Suara sedang pria, wilayah nadanya a – f’ 

c. Bass = Suara rendah pria, wilayah nadanya f – d’


Gambar .Gambaran wilayah nada.
Sumber: Penotasian oleh Masripah


Gambar .Lagu populer untuk mendata wilayah nada siswa.
Sumber: Penotasian oleh Masripah


C Teknik Vokal 

1 Sikap Bernyanyi

a. Badan tegak dan rileks, kaki dibuka sedikit.

b. Berat badan bertumpu di kedua kaki dengan seimbang.

c. Dada dibusungkan tapi tetap rileks.

d. Pandangan lurus ke depan.

e. Posisi tangan rileks di samping kiri kanan.

2 Pernapasan Diafragma

Pernapasan yang dianjurkan digunakan pada saat bernyanyi yaitu pernapasan diafragma. Di dalam diafragma ini, terdapat otot yang jika terus dilatih dengan olah napas akan menjadi lebih kuat sehingga dapat memperpanjang durasi keluarnya napas kita pada saat bernyanyi. 

3 Resonansi

Ada 3 jenis resonansi atau tempat memantulkan sumber bunyi sesuai fungsinya, yaitu:

Resonansi Dada

Resonansi Hidung

Resonansi Kepala

4 Artikulasi dan Gerak Mulut

Bernyanyi yang baik tidak bisa terlepas dari pengucapan kata-kata yang ada pada lirik lagu dengan jelas.

5 Phrasering/Pengkalimatan

Phrasering atau pengkalimatan merupakan teknik vokal yang mengatur tentang pengelompokkan kalimat di mana vokalis dapat mengambil napas pada setiap jeda antarkalimat. 

6 Ekspresi (Mimik dan Gestur)

Pada saat bernyanyi, hendaknya siswa memberikan ekspresi sesuai dengan tema lagu. 


Gambar .Lagu Populer untuk melatih ekspresi siswa.
Sumber: Penotasian oleh Masripah


D Penampilan 

Mempersiapkan penampilan dilakukan agar pertunjukkan menyanyi akan lebih indah dilihat dan berkesan.


E Latihan Improvisasi Lagu Secara Solo/Tunggal 

Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan. 

Variasi lagu dapat dilakukan dengan mengubah tiga unsur lagu sebagai berikut:

1. Ritmis

2. Melodis

3. Dinamika


Materi Lainnya

Bab I  Seni Lukis 

Bab II  Seni Patung 

Bab III  Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal 

Bab IV  Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup 

Bab V  Tari Kreasi 

Bab VI  Unsur Pendukung Tari Kreasi 

Bab VII  Dasar Pemeranan Teater Modern 

Bab VIII  Penulisan Lakon 

Bab IX  Seni Grafis 

Bab X  Pameran 

Bab XI  Bernyanyi Lagu Populer 

Bab XII  Ansambel Lagu Populer 

Bab XIII  Pola Lantai Gerak Tari Kreasi 

Bab XIV  Meragakan Tari Kreasi 

Bab XV  Perancangan Pementasan 

Bab XVI  Pementasan Teater Berdurasi Pendek 

B Indonesia      Matematika      IPA      IPS      PJOK      Seni Budaya      B Inggris      PPKN      Prakarya       

Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 9

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 7 Bioteknologi - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS