Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab XIV Meragakan Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 9 (SMP/MTS)
SENI BUDAYA
Bab XIV  Meragakan Tari Kreasi 


Latihan Soal dan Jawaban




Gambar .Peta Materi 

A Manajemen Pertunjukan Tari 

Tari tunggal merupakan tari yang disajikan oleh seorang penari,


Gambar .Tari Petruk Jalan Sehat ditarikan secara tunggal
Sumber: dok. Mila 2015


Tari berpasangan merupakan tarian yang disajikan oleh dua, orang penari atau lebih secara berpasangan dan satu dengan lainnya saling berkaitan (ada respon). 

Tari kelompok merupakan suatu tarian yang dilakukan lebih dari satu penari. 


Gambar .Tari Kembang Wayang ditarikan secara kelompok


B Meragakan Tari Kreasi dengan Iringan 

Karya tari memiliki dua unsur yang sangat penting, yaitu tari sebagai rangkaian gerak dan musik sebagai rangkaian bunyi. 

Iringan atau musik pengiring dapat dikatakan dinamis apabila mampu menggugah suasana dan mampu membawa penonton dan penari untuk mendapatkan sentuhan rasa, sehingga pesan dapat tersampaikan.


Gambar .Alat musik Beduk sebagai pengiring Tari Rampak Bedug dari Cirebon


Membuat sebuah karya tari kreasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara yang pertama dapat dilakukan dengan mencari iringan tarinya terlebih dahulu dan cara yang kedua iringan tari dapat dibuat bersamaan dengan gerak tari yang sedang dirangkai.



Materi Lainnya

Bab I  Seni Lukis 

Bab II  Seni Patung 

Bab III  Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal 

Bab IV  Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup 

Bab V  Tari Kreasi 

Bab VI  Unsur Pendukung Tari Kreasi 

Bab VII  Dasar Pemeranan Teater Modern 

Bab VIII  Penulisan Lakon 

Bab IX  Seni Grafis 

Bab X  Pameran 

Bab XI  Bernyanyi Lagu Populer 

Bab XII  Ansambel Lagu Populer 

Bab XIII  Pola Lantai Gerak Tari Kreasi 

Bab XIV  Meragakan Tari Kreasi 

Bab XV  Perancangan Pementasan 

Bab XVI  Pementasan Teater Berdurasi Pendek 

B Indonesia      Matematika      IPA      IPS      PJOK      Seni Budaya      B Inggris      PPKN      Prakarya       

Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 9

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk



Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 7 Bioteknologi - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS