Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 7 (SMP/MTS)
Bahasa Indonesia
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
Ciri Umum Teks Prosedur
a. Tujuan teks prosedur menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca/pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.
b. Ciri teks prosedur dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkahlangkah yang harus dilakukan, (b) aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan, (c) isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).
c. Ciri bahasa yang digunakan (a) kalimat perintah karena pada teks prosedur pembaca berfokus untuk melakukan suatu kegiatan, (b) Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan agar diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c) penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit), (d) menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang jelas (rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).
Berdasarkan tujuannya teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis yaitu
(a) teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara menggunakan alat,
(b) teks prosedur untuk memandu cara membuat (ada bahan, cara, dan langkah), dan
(c) teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan (cara menari, cara melakukan senam)
Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya.
Ciri-Ciri Kalimat Perintah
1. Intonasi pada bagian tengah kalimat naik atau meninggi.
2. Diakhiri dengan tanda baca seru (!).
3. Kalimat perintah menggunakan pola inversi.
4. Biasanya menggunakan partikel lah ataupun kan.
Adverbia atau kata keterangan adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) atau adjektiva (kata sifat). Adverbia yang banyak digunakan pada teks prosedur adalah keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan tujuan.
Keterangan cara
Adverbial ini menambah keterangan cara pada kegiatan atau peristiwa yang terjadi (dengan, dan secara).
Contoh:
- Bungkuslah adonan dengan rapat.
- Talikan rafia dengan cara menyilang
- Minum cairan tanpa diaduk.
- Bunyikan secara serentak semua gendang.
- Buat isi kue dengan cara mencampur potongan buah dengan selai.
- Jahit bagian A secara zig zag sehingga membentuk kepala boneka.
- Dengan sedikit meluangkan waktu, kita dapat membuat makanan sehat dan murah.
- Dengan selalu mencuci tangan secara rutin, kita akan terhindar dari beberapa penyakit.
Keterangan alat
Adverbial ini menjelaskan alat yang digunakan pada sebuah kegiatan atau peristiwa, misalnya dengan … , menggunakan … , dengan menggunakan …
Contoh:
- Para penebang kayu itu menebang pohon dengan gergaji mesin.
- Lukis kain dengan menggunakan canting.
- Penjahit itu membuat baju dengan alat jahit traditional.
- Para perajin membatik menggunakan canting.
Keterangan tujuan
Adverbial ini menambahkan informasi tujuan pada kalimat, misalnya untuk, supaya, dan, agar.
Contoh:
Malam jangan terlalu panas agar tidak merusak kain
Keterangan derajat / kuantitas
Kata ini menambahkan keterangan kuantitas pada sebuah kalimat yang disertainya
Contoh:
- Setelah dicelup, angkat kain secepatnya.
- Langkahkan kaki dua langkah ke kanan dan hitungan keempat tepuk tangan satu kali.
- Setidaknya tanaman dipupuk sebulan sekali.
- Ulangi gerakan selama tiga kali.
Keterangan syarat
Kata keterangan ini menambahkan keterangan syarat terjadinya suatu peristiwa (jika).
- Jika malam yang digunakan pada canting terlalu panas akan merusak kain.
- Jika gula terlalu banyak akan cepat gosong.
Keterangan akibat
Kata keterangan ini menambah keterangan akibat yang ditimbulkan dari sebuah peristiwa/kegiatan (hingga, akibatnya, sehingga, sampai, menjadi).
- Goreng adonan hingga kecokelatan.
- Ulangi kegiatan sampai bahan habis.
Bagaimanakah cara menulis teks prosedur?
Struktur teks prosedur
1. Judul
- Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/ dilakukan
- Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
- Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan
- Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan penulisan
3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur
- Dapat berupa daftar/rincian
- Dapat berupa paragraf
- Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat
4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar
- Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran
- Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst.
- Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang menunjukkan urutan waktu: sekarang, kemudian, setelah itu, dst.
Tahapan biasanya dimulai dengan kata yang menunjukkan perintah: tambahkan, aduk, tiriskan, panaskan, dll.
Referensi : Bahasa Indonesia, Kelas 7 SMP/MTS , BSE, Edisi Revisi 2017
Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android Buku Sekolah Gratis di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.
Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:
Komentar
Posting Komentar