Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab 3 - Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur - Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah   
Kelas 7 (SMP/MTS) 
Bahasa Indonesia
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur

Ciri Umum Teks Prosedur 

a. Tujuan teks prosedur menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan  agar pembaca/pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti  sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau  menggunakan suatu alat. 
 
b. Ciri teks prosedur dari segi isinya ada tiga: (a) panduan langkahlangkah yang harus dilakukan, (b) aturan atau batasan dalam hal  bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan, (c) isi kegiatan yang  dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).  

c. Ciri bahasa yang digunakan (a) kalimat perintah karena pada teks  prosedur pembaca berfokus untuk melakukan suatu kegiatan, (b)  Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan agar  diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat, (c)  penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang  kunyit), (d) menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang  jelas (rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga  membentuk segitiga sama kaki).

Berdasarkan tujuannya teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis yaitu 
(a)  teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu  alat (cara memainkan suatu alat musik, cara menggunakan alat, 
(b) teks  prosedur untuk memandu cara membuat (ada bahan, cara, dan langkah),  dan 
(c) teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan  (cara menari, cara melakukan senam)

Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna  memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai  dengan apa yang diinginkan oleh penutur atau penulisnya.  
Ciri-Ciri Kalimat Perintah  
1. Intonasi pada bagian tengah kalimat naik atau meninggi.  
2. Diakhiri dengan tanda baca seru (!).  
3. Kalimat perintah menggunakan pola inversi.  
4. Biasanya menggunakan partikel lah ataupun kan.

Adverbia atau kata keterangan adalah kelas kata yang memberikan  keterangan kepada kata lain, seperti verba (kata kerja) atau adjektiva  (kata sifat). Adverbia yang banyak digunakan pada teks prosedur adalah  keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan tujuan.  

Keterangan cara  
Adverbial ini menambah keterangan cara pada kegiatan atau peristiwa  yang terjadi (dengan, dan secara).  
Contoh:  
  • Bungkuslah adonan dengan rapat.  
  • Talikan rafia dengan cara menyilang  
  • Minum cairan tanpa diaduk.  
  • Bunyikan secara serentak semua gendang.
  • Buat isi kue dengan cara mencampur potongan buah dengan  selai.  
  • Jahit bagian A secara zig zag sehingga membentuk kepala boneka.  
  • Dengan sedikit meluangkan waktu, kita dapat membuat makanan  sehat dan murah.  
  • Dengan selalu mencuci tangan secara rutin, kita akan terhindar  dari beberapa penyakit.  

Keterangan alat  
Adverbial ini menjelaskan alat yang digunakan pada sebuah kegiatan atau  peristiwa, misalnya dengan … , menggunakan … , dengan menggunakan  …  

Contoh:  
  • Para penebang kayu itu menebang pohon dengan gergaji mesin.  
  • Lukis kain dengan menggunakan canting.  
  • Penjahit itu membuat baju dengan alat jahit traditional.  
  • Para perajin membatik menggunakan canting.  

Keterangan tujuan  
Adverbial ini menambahkan informasi tujuan pada kalimat, misalnya  untuk, supaya, dan, agar.  
Contoh:  
Malam jangan terlalu panas agar tidak merusak kain  

Keterangan derajat / kuantitas  
Kata ini menambahkan keterangan kuantitas pada sebuah kalimat yang  disertainya  
Contoh: 
  • Setelah dicelup, angkat kain secepatnya.  
  • Langkahkan kaki dua langkah ke kanan dan hitungan keempat  tepuk tangan satu kali.  
  • Setidaknya tanaman dipupuk sebulan sekali.  
  • Ulangi gerakan selama tiga kali.  

Keterangan syarat  
Kata keterangan ini menambahkan keterangan syarat terjadinya suatu  peristiwa (jika).
  • Jika malam yang digunakan pada canting terlalu panas akan  merusak kain.  
  • Jika gula terlalu banyak akan cepat gosong.  

Keterangan akibat  
Kata keterangan ini menambah keterangan akibat yang ditimbulkan dari  sebuah peristiwa/kegiatan (hingga, akibatnya, sehingga, sampai, menjadi).  
  • Goreng adonan hingga kecokelatan.  
  • Ulangi kegiatan sampai bahan habis.

Bagaimanakah cara menulis teks prosedur?  

Struktur teks prosedur  
1. Judul  
  • Dapat berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/  dilakukan  
  • Dapat berupa cara melakukan/menggunakan sesuatu  

2. Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan  
  • Dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan  
  • Dapat berupa paragraf pengantar yang menyatakan tujuan  penulisan  

3. Bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur  
  • Dapat berupa daftar/rincian  
  • Dapat berupa paragraf  
  • Pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan  sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat  

4. Langkah/tahapan dengan urutan yang benar  
  • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan penomoran
  • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang  menunjukkan urutan: pertama, kedua, ketiga, dst.  
  • Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan kata yang  menunjukkan urutan waktu: sekarang, kemudian, setelah itu,  dst.  
Tahapan biasanya dimulai dengan kata yang menunjukkan perintah:  tambahkan, aduk, tiriskan, panaskan, dll.


Referensi : Bahasa Indonesia, Kelas 7 SMP/MTS , BSE, Edisi Revisi 2017

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android Buku Sekolah Gratis di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.


Matematika     IPA     B Indonesia     Seni Budaya     B Inggris     PPKN     Prakarya      IPS     PJOK     


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya