Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab 1 - Belajar Mendeskripsikan - Matematika Kurtilas Kelas 7 (SMP / MTS)

Ringkasan Buku Sekolah   
Kelas 7 (SMP/MTS) 
Bahasa Indonesia
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan


Apa ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang  dideskripsikan?  

Ciri Tujuan  

  • Tujuan teks deskripsi menggambarkan objek dengan cara memerinci  objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang  penulis Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/ melukiskan secara  rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana/  perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar,  mengalami apa yang dideskripsikan.

Ciri Objek yang dideskripsikan  

  • Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek  tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang  dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada  judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagas Kucingku, Ibuku  Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas  yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang  lain. Demikian juga Ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus  sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda  dengan ibu pada umumnya)  

Ciri Isi 

  • Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek  
  • Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan  wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa,  menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa).  Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus  (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye)  
  • Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga  menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur,  kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

Jenis teks deskripsi  

Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu  teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi  bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dll).

Ciri Teks Deskripsi dari segi Penggunaan Bahasa  

  • Menggunakan kata-kata khusus untuk mengkonkretkan ( warna dirinci  merah, kuning, hijau)  
  • Menggunakan kalimat rincian untuk mengongkretkan (Ibuku orang  yang sangat baik. Dia berusaha menolong semua orang. Dia ramah  dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.  
  • Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat (indah diungkapkan  dengan sinonim yang lebih memiliki emosi kuat yaitu elok, permai,  molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan)
  • Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai  lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani  indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus  wajah kita)  
  • Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna-warni. Ada  terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda)  
  • Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat,  mendengar, dan merasakan apa yang dideskripsikan  
  • Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku,  memasuki wisata ini Anda akan disambut)

Identifikasi/ gambaran umum  

Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna  nama, pernyataan umum tentang objek.  

Deskripsi bagian  

Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan  subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,  komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).  Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara  apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa).  Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati  objek.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian  

Deskripsi bagian berdasarkan ruang  
Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan.  Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah,  bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.  

Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek  
Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai  digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya,  pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).  

Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.  
Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup.  Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan,  mulai meluruh, dan penutup.  

Deskripsi bagian berupa pemfokusan  
Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan.  Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah  ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan  yang luar biasa pada pengunjung.

Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup  banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan  hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan  maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum  disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya  sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus.

Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan  makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata  menarik tetapi ragam tidak formal.

Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks  

Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian  atau pembilangan.  Contoh  Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok  Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.  

Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang  terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)  

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri  geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan  budaya ukiran Jepara, sarung Makasar  

Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi  (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)

Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di

Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan  tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata  yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping).  Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal  ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif

Penulisan Kata Berawalan meN- yang Dirangkai dengan Kata yang  Diawali dengan Huruf k, p, t, s  

  • Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang  berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: memengaruhi (meN- + pengaruh),  memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan  sebagainya)  
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh  kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap (misal:  memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi,)  
  • Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata  berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: mempertaruhkan,  memperluas)


Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android Buku Sekolah Gratis di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.


Matematika     IPA     B Indonesia     Seni Budaya     B Inggris     PPKN     Prakarya      IPS     PJOK     

Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya