Postingan Terbaru

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Ribuan Penduduk Mengungsi

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Ribuan Penduduk Mengungsi Gunung Lewotobi Laki-laki yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, kembali mengalami peningkatan aktivitas vulkanik sejak akhir Maret 2025. Letusan yang terjadi pada 21 Maret memuntahkan kolom abu vulkanik setinggi lebih dari 8 kilometer. Akibatnya, status gunung tersebut dinaikkan ke level paling tinggi dan ribuan warga yang bermukim di sekitar lereng gunung terpaksa dievakuasi. Letusan ini merupakan bagian dari rangkaian aktivitas vulkanik yang sudah berlangsung sejak Desember 2023. Puncak letusan besar sempat terjadi pada awal November 2024 yang mengakibatkan korban jiwa sebanyak 10 orang, menghancurkan ribuan bangunan, dan membuat puluhan ribu warga harus mengungsi. Selain itu, abu vulkanik dari letusan tersebut juga berdampak pada penerbangan di Bali dan wilayah sekitarnya. Sebagai langkah antisipasi, pemerintah menetapkan zona larangan beraktivitas dalam radius 7 kilometer dari kawah. Otoritas setempat juga bere...

Latihan Soal dan Jawaban Bab 1 Wirausaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya

Latihan Soal dan Jawaban Bab 1 Wirausaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya

Pertanyaan: Apa saja faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menganalisis peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?


Jawaban:

Dalam menganalisis peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan meliputi:

a. Faktor keuntungan

b. Faktor penguasaan teknis

c. Faktor pemasaran

d. Faktor bahan baku

e. Faktor tenaga kerja

f. Faktor modal

g. Faktor risiko

h. Faktor persaingan

i. Faktor fasilitas dan kemudahan

j. Faktor manajemen


Pertanyaan: Apa saja elemen penting dari sasaran atau target promosi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?


Jawaban:

Ada tiga elemen penting dari sasaran atau target sebuah promosi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, yaitu:

a. Pembentukan merek (branding)

b. Layanan kepada konsumen yang berupa komunikasi dan pemberian informasi

c. Menciptakan kesetiaan pelanggan.


Pertanyaan: Apa saja kegiatan dan rencana pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengkomunikasikan produk dan merk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?


Jawaban:

Ada enam kegiatan dan rencana pemasaran yang bisa dilakukan untuk mengkomunikasikan produk dan merk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, yaitu:

a. Penjualan personal (personal selling)

b. Iklan (advertising)

c. Promosi penjualan (sales promotion)

d. Publikasi (publication)

e. Sponsorship

f. Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (point of purchase)


Pertanyaan: Apa potensi limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dijadikan bahan baku untuk kerajinan, terutama di daerah pesisir pantai, pegunungan, pertanian, dan perkotaan?


Jawaban:

Potensi limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dijadikan bahan baku untuk kerajinan bervariasi tergantung pada lokasi geografis. Beberapa contohnya termasuk:

a. Daerah pesisir pantai atau laut: Cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dll.

b. Daerah pegunungan: Biji-bijian kering, buah-buahan kering, kulit durian, dll.

c. Daerah pertanian: Biji-bijian kering, bunga kering, kulit pohon kering, dll.

d. Daerah perkotaan: Kulit kacang, kulit telur, kemasan plastik, botol plastik, botol kaca, kemasan kaleng, dll.


Pertanyaan: Bagaimana cara menghitung Titik Impas (Break Even Point) pada usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?


Jawaban:

Rumus perhitungan Titik Impas (Break Even Point) pada usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang adalah:




Pertanyaan: Apa saja komponen utama dari strategi promosi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?


Jawaban:

Komponen utama dari strategi promosi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang melibatkan empat aspek utama, yaitu:

a. Periklanan

b. Promosi penjualan

c. Publisitas

d. Penjualan tatap muka 


Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 11

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk



Komentar

Postingan Populer

Bab VII Menilai Karya Melalui Resensi Kelas 11 (SMA / MA) Bahasa Indonesia

BAB II. PERMAINAN BOLA KECIL - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

Bab V Manajemen Pergelaran Tari - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)