Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

BAB II Aktivitas Permainan Bola Kecil Kelas 9 (SMP/MTS)

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 9 (SMP/MTS)
PJOK
BAB II Aktivitas Permainan Bola Kecil 


Latihan Soal dan Jawaban


Permainan bola kecil yang akan dipaparkan adalah permainan rounders, bulu tangkis, dan tenis meja. Selain permainan ini masih banyak lagi permainan bola kecil lainnya seperti permainan softball, kriket, tenis lapangan dan, lainnya.


A AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Rounders 

Rounders adalah cabang olahraga yang hampir sama dengan base ball dan softball. Di sini pemain setelah memukul bola berlari mengelilingi lapangan dengan ditandai dengan tiang sebagai “Rounders”. Regu yang dapat mengelilingi lapangan lebih banyak keluar sebagai pemenang. Olahraga ini berasal dari Inggris bersamaan dengan base ball dan softball.

Setiap regu permainan rounders terdiri dari 9 orang pemain. Lamanya bermain adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu bertahan sebanyak 7 kali.

Terjadinya pergantian antara regu penyerang dan regu bertahan apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain. Cara memperoleh nilai adalah apabila pemukul (batter), baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan temannya berhasil kembali ke home-plate dengan selamat. Pemain tersebut memperoleh nilai satu (1).

Lapangan permainan segiempat, ditandai dengan empat tiang tegak lurus yang masing-masing panjangnya 1,20 meter dan dipasang setiap sudut. Jarak antara pemukul bola dengan tiang pertama 12 meter (jarak sama sampai dengan tiang ke tiga). Dari tiang ke tiga ke tiang ke empat 8,50 meter. Jarak antara pemukul dengan pelontar bola 7,50 meter. Arena pelontar bola 2,50 x 2,50 meter dan arena pemukul bola 2 x 2 meter.

Stick (pemukul bola) berbentuk bulat dan terbuat dari kayu dengan ukuran panjang ± 46 cm dan berat 370 gram. Bola bergaris tengah 19 cm dengan berat 70-85 gram.

Gambar .Lapangan dan perlengkapan permainan rounders


A. AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAKAN MELEMPAR BOLA

1) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Melambung (Parabola)

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola melambung



2) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Mendatar Setinggi Bahu

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola mendatar


3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah

a) Berdiri sikap melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, bola dipegang dengan ujung jari tangan kanan.

b) Tarik tangan kanan ke belakang badan, dan siap untuk melempar.

c) Langkahkan kaki kiri sedikit ke depan sambil memiringkan tubuh ke kanan, kemudian lemparkan bola ke depan menyusur tanah, bola dilepaskan dari tangan saat tangan kanan melintasi badan.

d) Lakukan latihan keterampilan gerak ini berulang-ulang.

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola menyusur tanah


4) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola bagi Pelambung (Pitcher)

a) Berdiri posisi melangkah, kaki kanan di depan dan kiri di belakang, bola dipegang dengan ujung jari tangan kanan ditempatkan di sisi paha kanan.

b) Tarik tangan kanan jauh ke belakang badan.

c) Langkahkan kaki kiri ke depan sedikit sambil mengayunkan lengan kanan untuk melemparkan bola.

d) Bola dilepaskan dari tangan saat tangan kanan melewati paha kanan.

e) Untuk menghasilkan lemparan yang kuat, saat bola lepas dari tangan disertai lecutan tanaga pergelangan tangan.


Gambar . Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola untuk pelambung (pitcher)


B. AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAKAN MENANGKAP BOLA

1) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Melambung

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola melambung


2) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Mendatar

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola datar


3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan menangkap bola menyusur tanah

C AKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAKAN MEMUKUL BOLA

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan memukul bola

D. AKTIVITAS PEMBELAJARAN KOMBINASI GERAKAN PERMAINAN ROUNDERS

1) Aktivitas Pembelajaran Lempar Tangkap Bola di Tempat dan Sambil Bergerak

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola perorangan


2) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berpasangan

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berpasangan


3) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Lempar Tangkap Bola dengan Ayunan Atas, Ayunan Samping, dan Bawah.

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok


4) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melambungkan dan Menangkap Bola yang dilakukan 3 Orang

a. Pilih pasanganmu 3 orang (kamu, si B, dan si C).

b. Buatlah formasi barisan berbanjar, jarak masing-masingnya 3 meter.

c. Kamu berdiri di tengah sebagai center menghadap ke si B.

d. Kamu lemparkan bola ke si B dengan lemparan atas setinggi bahu.

e. Si B melemparkan bola menggunakan lemparan dari arah samping badan ke si C.

f. Saat bola melintasi atas kepalamu, maka kamu berbalik arah menghadap ke si C.

g. Setelah beberapa saat lakukan pergantian pemain yang berdiri di posisi center.

Gambar .Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola formasi membentuk garis lurus

5) Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Lambung

 

Gambar .Aktivitas pembelajaran bermain dengan bola lambung


6) Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Dipukul dan dilambungkan dari Arah Samping/Depan

a) Permainan dilakukan secara berkelompok.

b) Sebelum bermain buatlah kesepakatan tentang aturan yang akan diterapkan dalam permainan.

c) Bola yang digunakan bola yang lunak/lembut, agar tidak memantul terlalu jauh.

d) Ketentuan permainan yang lainnya sama dengan latihan bermain pertama.


Gambar .Aktivitas pembelajaran bermain dengan bola dipukul dan dilambungkan dari arah samping/depan


B AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Bulu Tangkis 

Inti permainan bulu tangkis adalah memasukkan bola (shuttlecock) ke lapangan lawan melalui net setinggi 1,55 meter dari lantai. 

Gerak spesifik memukul dalam permainan bulu tangkis terdiri dari: pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. 

Gerak spesifik pukulan adalah cara-cara melakukan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan.


a. Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand Tanpa Net

Gambar . Aktivitas pembelajaran kombinasi forehand dan backhand tanpa net


b. Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand Melewati Net

Gambar .Aktivitas pembelajaran kombinasi forehand dan backhand melewati net


c. Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Gerakan Servis Panjang, Forehand Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan dilanjutkan Menggunakan Net Dilakukan Berpasangan atau Formasi Berbanjar

1) Pembelajaran dilakukan secara berpasangan.

2) Kamu berdiri di salah satu sisi lapangan, dan pasanganmu di sisi yang lainnya.

3) Kamu lakukan servis panjang ke arah temanmu tanpa/dengan net, dia kembalikan dengan menggunakan jenis pukulan forehand atau backhand.

4) Permainan dilakukan dengan bergerak ke kiri dan kanan lapangan.

Gambar .Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand melewati net


d. Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Gerakan Servis Pendek, Forehand Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan Dilanjutkan Menggunakan Net

Gambar .Aktivitas pembelajaran kombinasi servis pendek forehand dan backhand


e. Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Gerakan Pukulan Backhand Tanpa Net, Dilanjutkan Menggunakan Net, secara Berpasangan atau Kelompok


1) Permainan dilakukan secara berpasangan.

2) Pemainan ini dapat dilakukan menggunakan lapangan bulu tangkis atau lapangan lain yang tersedia.

3) Mintalah temanmu melakukan servis panjang ke arahmu.

4) Kamu kembalikan dengan pukulan backhand.

5) Selanjutnya temanmu mengembalikannya lagi dengan pukulan backhand.

6) Apabila bola “mati” maka lakukan pergantian servis.

Gambar .Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand tanpa net dan melewati net


C AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja 


Permainan tenis meja adalah suatu jenis permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola yang dipukul tersebut harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah meja lapangan.

Permainan tenis meja yang lebih dikenal dengan istilah lain “Ping Pong” merupakan cabang olahraga unik dan bersifat rekreatif.

Pada dasarnya prinsip dasar permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu : (1) gerakan memegang bet (grip), (2) gerakan siap sedia (stance), (3) gerakan kaki (footwork), dan (4) gerakan pukulan (stroke).



a. Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand Tanpa Net

1) Permainan ini dilakukan menggunakan meja ping-pong tanpa menggunakan net secara berpasangan.

2) Masing-masing pemain berdiri posisi melangkah berhadapan di depan meja menghadap ke teman.

3) Kamu pukul bola menggunakan pukulan forehand ke arah temanmu dan pantulannya dikembalikan juga dengan pukulan forehand.

Gambar .Aktivitas pembelajaran 1 pukulan forehand tanpa net

b. Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand Meja Terpasang Net

1) Permainan dilakukan secara berpasangan.

2) Berdiri berhadapan di depan meja dengan posisi melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.

3) Kamu pukul bola menggunakan pukulan forehand pada lapanganmu, pantulannya akan melewati atas net dan dikembalikan oleh temanmu dengan memukul bola di lapangan sendiri dan pantulannya akan melompat ke mejamu.

4) Lakukan permainan menggunakan pukulan forehand agak lama, kemudian bila merasa lancar, lakukan pukulan menggunakan pukulan backhand.

Gambar .Aktivitas pembelajaran 2 pukulan forehand menggunakan net


c. Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Pukulan Backhand Tanpa Net

Gambar .Aktivitas pembelajaran 3 pukulan backhand tanpa net

d. Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Pukulan Backhand Meja Terpasang Net

Gambar .Aktivitas pembelajaran 4 pukulan backhand menggunakan net

e. Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Cara Memegang Bet dan Pukulan Servis Forehand dan Backhand dengan Konsisten

1) Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.

2) Sebelum bermain buat dulu kesepakatan dengan temanmu bahwa selama permainan ini hanya menggunakan pukulan service, forehand, dan backhand kemudian setelah memukul berlari ke lapangan sebelah depan.

3) Lakukan permainan ini sampai ada kemajuan.

Gambar .Aktivitas pembelajaran 5 kombinasi tenis meja


f. Aktivitas Pembelajaran 6 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Lurus

Gambar .Aktivitas pembelajaran 6 kombinasi pukulan arah bola lurus

1) Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.

2) Mintalah temanmu melakukan pukulan forehand agak keras sehingga lambungannya agak tinggi.

3) Pantulannya kamu pukul dengan kuat menggunakan pukulan forehand.

4) Jika bola hasil pukulan keluar atau menyangkut di net, maka lakukan pergantian posisi memukul awal.

5) Lakukan latihan ini sampai keterampilanmu meningkat.


g. Aktivitas Pembelajaran 7 : Kombinasi Cara Memegang Bet, Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Menyilang Meja

Gambar .Aktivitas pembelajaran 7 kombinasi pukulan lurus menyilang meja


Materi-Materi Lainnya

BAB I Aktivitas Permainan Bola Besar 

BAB II Aktivitas Permainan Bola Kecil 

BAB III Aktivitas Atletik 

BAB IV Aktivitas Bela diri 

BAB V Aktivitas Kebugaran Jasmani 

BAB VI Aktivitas Senam 

BAB VII Aktivitas Gerak Berirama 

BAB VIII Aktivitas Air 

BAB IX Pertolongan Pertama pada Kecelakaan 

BAB X Aktivitas Fisik dalam Pencegahan Penyakit 

B Indonesia      Matematika      IPA      IPS      PJOK      Seni Budaya      B Inggris      PPKN      Prakarya       

Download Buku Sekolah Elektronik Kelas 9

Link Download


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 7 Bioteknologi - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS