Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

BAB II KERAJINAN TEKSTIL - Prakarya Kelas 7 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah   
Kelas 7 (SMP/MTS) 
Prakarya
BAB II KERAJINAN TEKSTIL 


Latihan Soal dan Jawaban


Fungsi Kerajinan Tekstil
  • Fungsi penghias, kerajinan yang dibuat semata-mata sebagai hiasan  pada suatu benda atau sebagai pajangan suatu ruang dan tidak  memiliki makna tertentu selain menghias. Contohnya hiasan dinding.
  • Fungsi benda pakai, kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk  digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya busana, tas, dan  aksesoris.
  • Fungsi kelengkapan ritual, kerajinan yang mengandung simbol-simbol  tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan  dan spiritual. Contohnya ulos. Kain tenun tersebut yang dikenakan saat  upacara pernikahan, pemakaman, dan pesta adat lainnya.
  • Fungsi simbolik, kerajinan tekstil tradisional selain sebagai hiasan juga berfungsi melambangkan hal tertentu yang berhubungan dengan nilai spiritual. Contohnya tapestri, tenun, dan batik yang dibuat dengan motif simbolik.


Dalam sejarahnya, istilah ‘ketukangan’ (keahlian tukang) atau perajin,  dahulunya merupakan proses kerja para tukang berkembang menjadi  ‘kekriyaan’ (craftmanship).

Prinsip Kerajinan Fungsi Hias dan Fungsi Pakai:

  1. Keunikan bahan kerajinan
  2. Keterampilan Tangan
  3. Unsur Estetik
  4. Unsur Hiasan
Jenis Kerajinan Tekstil
  1. Structural Technic
  2. Decorative Technic
Proses pembatikan dapat diuraikan sebagai berikut.  
1) Nganji  Pemberian kanji setelah kain dicuci. Kegiatan pemberian kanji dapat  dilakukan sesuai keinginan dan kebiasaan.  
2) Ngemplong  Penghalusan permukaan kain dengan cara dipukul-pukul menggunakan  alat pemukul dari kayu agar kain tidak kaku dan mudah menyerap  malam dan warna.  
3) Nyungging  Membuat pola di atas kertas.  
4). Njaplak  Menjiplak pola dari kertas ke kain.  
5) Nglowong  Memberi lilin/malam pada kain sesuai pola.  
6) Ngiseni  Memberi isian motif ke dalam pola besar.  
7) Nembok  Penutupan pada bagian-bagian tertentu dengan malam agar tetap  berwarna putih saat dilorot.  
8) Nyolet  Memberi warna dengan kuas atau kayu dengan ujung spon.  
9) Nyelup  Memberi warna pada kain dengan pencelupan.  
10) Mopok  Memberi isian pada latar belakang pola.  
11) Nglorod  Membuang lilin/malam yang sudah tidak diperlukan lagi agar motif  batik terlihat.  
12) Nanahi  Memberi isian dengan malam pada latar belakang pola.  
13) Selanjutnya dapat dilakukan pencelupan warna terakhir dan pelorotan.

Tekstil adalah bahan yang berasal dari serat yang diolah  menjadi benang lalu dirajut atau ditenun menjadi kain sebagai  bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk  kerajinan tekstil lainnya.  
Kerajinan tekstil adalah produk yang memanfaatkan bahan  baku tekstil yang tersedia dan dikerjakan secara manual  dihasilkan melalui keterampilan tangan dengan alat bantu  sederhana dalam jumlah yang terbatas.  
Setiap daerah memiliki ciri khas kerajinan tekstil.  
Kita patut mensyukuri karunia Tuhan atas keberagaman  kerajinan fungsi hias yang ada di Indonesia. 
Teknik pembuatan kerajinan tekstil terdiri dari tenun serat,  sulam, batik, jahit aplikasi dan sebagainya.  
Kemasan merupakan wadah sebuah produk kerajinan yang  dapat melindungi produk, memudahkan penggunaan produk,  memperindah penampilan produk, dan meningkatkan nilai  jual sebuah produk.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android Buku Sekolah Gratis di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya