Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab XIV Meragakan Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab XIV Meragakan Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa perbedaan antara tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok?

- Jawaban: Tari tunggal disajikan oleh satu penari, tari berpasangan oleh dua penari atau lebih yang saling berkaitan, dan tari kelompok melibatkan lebih dari satu penari.

2. Pertanyaan: Apa unsur penting dalam karya tari menurut teks?

- Jawaban: Unsur penting dalam karya tari adalah tari sebagai rangkaian gerak dan musik sebagai rangkaian bunyi.

3. Pertanyaan: Bagaimana dinamika iringan atau musik pengiring dalam konteks karya tari?

- Jawaban: Iringan atau musik pengiring dinamis jika mampu menggugah suasana, membawa penonton dan penari merasakan sentuhan emosional, sehingga pesan dalam tari dapat tersampaikan.

4. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tari kelompok?

- Jawaban: Tari kelompok adalah suatu tarian yang dilakukan oleh lebih dari satu penari.

5. Pertanyaan: Bagaimana cara membuat karya tari kreasi berdasarkan teks?

- Jawaban: Cara pertama dapat dilakukan dengan mencari iringan tarinya terlebih dahulu, sedangkan cara kedua adalah membuat iringan tari bersamaan dengan merangkai gerak tari.

6. Pertanyaan: Apa peran alat musik Beduk dalam Tari Rampak Bedug dari Cirebon?

- Jawaban: Alat musik Beduk berperan sebagai pengiring dalam Tari Rampak Bedug dari Cirebon.

7. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tari berpasangan?

- Jawaban: Tari berpasangan adalah tarian yang disajikan oleh dua penari atau lebih yang saling berkaitan dan memberikan respon satu sama lain.

8. Pertanyaan: Mengapa iringan atau musik pengiring dikatakan dinamis dalam konteks karya tari?

- Jawaban: Iringan atau musik pengiring dikatakan dinamis karena mampu menggugah suasana dan membawa penonton serta penari merasakan sentuhan emosional, sehingga pesan dalam tari dapat tersampaikan.

9. Pertanyaan: Bagaimana tari tunggal ditarikan, menurut contoh yang disajikan?

- Jawaban: Tari tunggal ditarikan oleh seorang penari, seperti yang terlihat pada contoh Tari Petruk Jalan Sehat.

10. Pertanyaan: Apa yang dapat dilibatkan dalam pembuatan karya tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Dalam pembuatan karya tari kreasi, iringan tari dapat dibuat bersamaan dengan merangkai gerak tari, melibatkan unsur dinamis dalam musik pengiring untuk menggugah suasana dan menyampaikan pesan secara emosional.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya