Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab III Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab III Menyanyikan Lagu Secara Solo/Tunggal Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Mengapa penampilan vokal solo/tunggal dianggap memiliki beban yang lebih berat menurut teks?

- Jawaban: Penampilan vokal solo/tunggal dianggap memiliki beban yang lebih berat karena keberhasilannya sangat tergantung kepada sang vokalis atau penyanyi itu sendiri.

2. Pertanyaan: Apa yang menjadi materi vokal dalam penampilan solo/tunggal?

- Jawaban: Materi vokal dalam penampilan solo/tunggal meliputi perbedaan mendasar terhadap materi vokal, warna suara/timbre, dan wilayah nada yang berbeda untuk suara anak-anak, wanita, dan pria.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan teknik vokal dalam konteks bernyanyi solo/tunggal?

- Jawaban: Teknik vokal dalam konteks bernyanyi solo/tunggal melibatkan sikap bernyanyi, pernapasan diafragma, resonansi (dada, hidung, kepala), artikulasi dan gerak mulut, phrasering/pengkalimatan, dan ekspresi (mimik dan gestur).

4. Pertanyaan: Bagaimana cara mempersiapkan penampilan agar pertunjukkan menyanyi lebih indah dan berkesan?

- Jawaban: Persiapan penampilan dilakukan agar pertunjukkan menyanyi lebih indah dan berkesan melibatkan latihan improvisasi lagu secara solo/tunggal dengan mengubah unsur-unsur ritmis, melodis, dan dinamika.

5. Pertanyaan: Mengapa pernapasan diafragma dianjurkan dalam bernyanyi?

- Jawaban: Pernapasan diafragma dianjurkan karena melibatkan otot yang, jika terus dilatih, akan menjadi lebih kuat sehingga dapat memperpanjang durasi keluarnya napas pada saat bernyanyi.

6. Pertanyaan: Apa saja jenis-jenis resonansi dalam teknik vokal?

- Jawaban: Jenis-jenis resonansi dalam teknik vokal meliputi resonansi dada, hidung, dan kepala.

7. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan phrasering atau pengkalimatan dalam teknik vokal?

- Jawaban: Phrasering atau pengkalimatan dalam teknik vokal merupakan teknik yang mengatur pengelompokkan kalimat di mana vokalis dapat mengambil napas pada setiap jeda antarkalimat.

8. Pertanyaan: Mengapa ekspresi (mimik dan gestur) penting dalam penampilan menyanyi?

- Jawaban: Ekspresi (mimik dan gestur) penting dalam penampilan menyanyi karena pada saat bernyanyi, siswa seharusnya memberikan ekspresi sesuai dengan tema lagu untuk menambah keindahan pertunjukkan.

9. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan improvisasi dalam konteks latihan menyanyi solo/tunggal?

- Jawaban: Improvisasi dalam konteks latihan menyanyi solo/tunggal adalah melakukan variasi lagu tanpa persiapan dengan mengubah unsur ritmis, melodis, dan dinamika.

10. Pertanyaan: Mengapa latihan improvisasi lagu secara solo/tunggal penting dalam penampilan vokal?

- Jawaban: Latihan improvisasi lagu secara solo/tunggal penting karena dapat membuat variasi lagu yang lebih menarik dan mengubah tiga unsur lagu, yaitu ritmis, melodis, dan dinamika.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya