Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab 8 Menulis Naskah Fragmen - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah   
Kelas 7 (SMP/MTS)
Seni Budaya 
Bab 8 Menulis Naskah Fragmen

mind map pembelajaran

Teknik Menulis Naskah Fragmen
  1. Menetukan Tema
  2. Menentukan Alur Cerita
  3. Menyusun Adegan
  4. Membuat Dialog-dialog Tokoh

Tema merupakan langkah awal dalam menyusun naskah drama. Tema merupakan ide dasar dari keseluruhan naskah. Pesan pengarang yang ingin disampaikan, akan diketahui melalui tema. Pengarang dapat menentukan tema cerita  seperti persahabatan, kasih sayang, kepahlawanan, pengorbanan, ketulusan, dan  perjuangan.

Alur adalah jalan cerita dari tema yang  sudah dipilih. Alur merupakan rangkaian  cerita yang disusun dari awal sampai akhir  sehingga terbentuk cerita yang jelas dan utuh.  Tahap penyusunan alur akan terlihat masalahmasalah yang terjadi, seperti tempat kejadian  peristiwa, tokoh-tokoh yang mengisi cerita. Baik  tokoh utama maupun tokoh-tokoh penentang  juga tokoh-tokoh lain sebagai pendukung cerita.

Setelah rangkaian cerita didapat dengan  utuh, dilanjutkan dengan menyusun adeganadegan yang akan ditampilkan dalam setiap  babak. Setiap adegan cerita, akan diketahui  urutan tokoh-tokoh yang akan tampil. Begitupun dalam adegan dipilih peristiwa atau  kejadian mulai tahap pengenalan sampai  kejadian paling menarik sebagai puncak.

Drama berbeda dengan karya sastra yang  lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah  dibangun berupa dialog-dialog antartokoh.  Pada saat membuat dialog-dialog tiap tokoh ini,  kamu harus menyesuaikan dengan karakteristik tokoh yang dibuat, misalnya tokoh orang  tua tentu bahasa dan tingkah lakunya berbeda  dengan anak sekolah. Dialog tokoh ini juga  di tentukan oleh latar belakang lingkungan  masing-masing. Orang dari daerah berbeda  gaya bahasanya dengan orang dari perkotaan  dan lingkungan lain. Dialek atau gaya bahasa  tiap tokoh yang berasal dari tiap suku bangsa  juga akan berbeda dan mempunyai keunikan  masing-masing. Hal yang demikian sebaiknya  dapat tergambar pada naskah secara keseluruhan, sehingga naskah drama menjadi  unik dan menarik untuk dimainkan dalam  pertunjukan teater.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android  di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.

Materi-materi lainnya :

Bab 1 Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Bab 2 Menggambar Ragam Hias 

Bab 15 Merancang Pementasan


Matematika     IPA     B Indonesia     Seni Budaya     B Inggris     PPKN     Prakarya      IPS     PJOK     


Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK