Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia - PPKN Kelas 7 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah   
Kelas 7 (SMP/MTS)
PPKN 
Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia


Latihan Soal dan Jawaban


Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia memiliki makna yang  dapat kita telaah dari berbagai aspek sebagai berikut.  
a. Aspek Hukum  
Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa  Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan  hukum nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI).  
b. Aspek Historis  
Proklamasi merupakan titik akhir sejarah penjajahan di bumi Indonesia  sekaligus menjadi titik awal Indonesia sebagai negara yang merdeka  bebas dari penjajahan bangsa lain.  
c. Aspek Sosiologis  
Proklamasi menjadikan perubahan dari bangsa yang terjajah menjadi  bangsa yang merdeka. Proklamasi memberikan rasa bebas dan merdeka  dari belenggu penjajahan.  
d. Aspek Kultural  Proklamasi membangun peradaban baru dari bangsa yang digolongkan  pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui  persamaan harkat, derajat, dan martabat manusia yang sama.
e. Aspek Politis  
Proklamasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang  berdaulat dan mempunyai kedudukan sejajar dengan bangsa-bangsa lain  di dunia.  
f. Aspek Spiritual  
Proklamasi yang diperoleh merupakan berkat rahmat Tuhan Yang  Maha Esa yang meridai perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari doa seluruh  rakyat Indonesia kepada Yang Maha Kuasa untuk segera terlepas dari  penjajahan.

Pancasila dan UUD Negara  Republik Indonesia Tahun 1945 mengatur persatuan dan kesatuan dalam  beberapa ketentuan, yaitu sebagai berikut.  
a. Sila ke-3 Pancasila, ”Persatuan Indonesia”;  
b. Pembukaan UUD 1945 alinea IV, ”… Negara Republik Indonesia yang  berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada … persatuan Indonesia  ...”; serta  
c. Pasal 1 ayat (1) UUD 1945, ”Negara Indonesia adalah negara kesatuan  yang berbentuk Republik”.

Majelis Permusyawartan Rakyat  Republik Indonesia (MPR RI) menyatakan bahwa ada tujuh prinsip yang  menjadi paradigma dan arah politik yang mendasari pasal-pasal 18, 18A, dan  18B, yaitu sebagai berikut.  
a. Prinsip daerah mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan  menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.  
b. Prinsip menjalankan otonomi seluas-luasnya.  
c. Prinisp kekhususan dan keragaman daerah.  
d. Prinsip mengakui dan menghormati kesatuan masyarakat hukum adat  beserta hak-hak tradisionalnya.  
e. Prinisip mengakui dan menghormati pemerintahan daerah yang bersifat  khusus dan istimewa.  
f. Prinsip badan perwakilan dipilih langsung dalam suatu pemilihan  umum.  
g. Prinsip hubungan pusat dan daerah dilaksanakan secara selaras dan adil  (Rusdianto Sesung,2013 :46).


Gambar di atas hanyalah merupakan sebagian kecil kekayaan dan  keindahan alam Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas. Sebagai  negara kepulauan maka wilayah lautan lebih luas dibandingkan luas daratan.  Tanah kita dikenal dengan tanah yang subur. Berbagai jenis tanaman dapat  tumbuh subur di Indonesia yang memberikan kemakmuran bagi rakyat  Indonesia, juga memberikan penghidupan bagi berbagai satwa.

Peran daerah dalam Negara Kesatuan Republik  Indonesia antara lain sebagai berikut.  
a. Mempertahankan bentuk dan keutuhan Negara Kesatuan Republik  Indonesia sebagaimana ketentuan pasal 37 ayat (5) UUD Negara Republik  Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi, ”Khusus mengenai bentuk Negara  Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”.  
b. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan,  pendidikan, dan pendapatan masyarakat.  
c. Memajukan bangsa melalui inovasi dan kreativitas aparatur sipil negara  di daerah.  
d. Melaksanakan pembangunan nasional untuk meningkatkan pemerataan  pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha,  kesempatan dan kualitas pelayanan publik, dan daya saing daerah.  
e. Mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara  yang demokratis.

Potensi gangguan  keamanan nasional  dari dalam negeri,  antara lain sebagai  berikut.  
a. Gerakan separatis  bersenjata.  
b. Terorisme.  
c. Konflik komunal  
d. Kerusuhan sosial.  
e. Gangguan  keamanan laut.  
f. Gangguan  keamanan udara.  
g. Radikalisme.  
h. Kejahatan lintas  negara.  
i. Perusakan  lingkungan.  
(Buku Putih Pertahanan,  2003:49)

1. Kata Kunci  
Kata kunci yaitu : Daerah, Negara Kesatuan Republik Indonesia,  Perjuangan, Proklamasi Kemerdekaan, Otonomi Daerah  dan Mempertahankan NKRI.  

2. Intisari Materi  
a. Proklamasi kemerdekaan merupakan rahmat Tuhan Yang Maha  Kuasa dan sebagai hasil perjuangan bangsa Indonesia, bukan pemberian negara lain.  

b. Proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia memiliki makna  sebagai berikut. 
  • Berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Berlakunya hukum nasional Indonesia, tidak berlaku hukum kolonial
  • Puncak perjuangan pergerakan kemerdekaan
  • Titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat.

c. Seluruh daerah di Indonesia memiliki peranan penting dalam  perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara  Kesatuan Republik Indonesia. Demikian juga dalam mengisi  kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita nasional dan tujuan  negara saat ini.  

d. Kesadaran akan arti penting daerah dalam perjuangan kemerdekaan  memiliki makna bagi pelaksanaan otonomi daerah yang bertanggung  jawab dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

e. Sikap etnosentrisme, yaitu sikap yang menganggap budaya daerah  lebih tinggi dan menganggap budaya daerah lain lebih rendah, harus  dihindari dalam masyarakat Indonesia.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android  di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya