Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab 3 Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 - PPKN Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 3 Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 - PPKN Kelas 7 SMP/MTS



Pertanyaan dan Jawaban Tentang Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1. Apa yang dimaksud dengan konstitusi?

Konstitusi adalah peraturan dasar negara yang mengatur hubungan antara pemerintah dengan rakyatnya, hubungan antar lembaga negara, dan hubungan antara negara dengan negara lain.

2. Apa fungsi konstitusi?

Fungsi konstitusi antara lain:

  • Penentu dan pembatas kekuasaan negara
  • Pengatur hubungan kekuasaan antar organ negara
  • Pengatur hubungan kekuasaan antar organ negara dengan warga negara
  • Pemberi atau sumber legitimasi terhadap kekuasaan negara ataupun kegiatan penyelenggaraan kekuasaan negara
  • Penyalur atau pengalih kewenangan dari sumber kekuasaan yang asli (rakyat) kepada organ negara
  • Simbolik sebagai pemersatu
  • Simbolik sebagai rujukan identitas dan keagungan kebangsaan
  • Simbolik sebagai pusat upacara
  • Sarana pengendalian masyarakat
  • Sarana perekayasaan dan pembaruan masyarakat

3. Siapa saja yang terlibat dalam perumusan UUD 1945?

Yang terlibat dalam perumusan UUD 1945 adalah Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

4. Kapan dan di mana perumusan UUD 1945 dilaksanakan?

Perumusan UUD 1945 dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu:

  • Tahap pertama oleh BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945
  • Tahap kedua oleh PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945

5. Apa saja hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945?

Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 antara lain:

  • Mengesahkan UUD 1945
  • Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden
  • Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat

6. Bagaimana sistematika UUD 1945 sebelum perubahan?

Sistematika UUD 1945 sebelum perubahan adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Batang Tubuh
  • Penjelasan

7. Bagaimana sistematika UUD NRI 1945 setelah perubahan?

Sistematika UUD NRI 1945 setelah perubahan adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pasal-pasal

8. Apa saja semangat dan komitmen pendiri negara pada perumusan dan pengesahan UUD 1945?

Semangat dan komitmen pendiri negara pada perumusan dan pengesahan UUD 1945 antara lain:

  • Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
  • Persatuan dan kesatuan
  • Rela berkorban
  • Cinta tanah air
  • Musyawarah mufakat


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya