Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

BAB III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat - IPS Kelas 9 SMP/MTS

Ringkasan Buku Sekolah
Kelas 8 (SMP/MTS)
IPS
BAB III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat


Latihan Soal dan Jawaban

Gambar .Kegiatan Menurunkan Barang di Pelabuhan Internasional

A. Perdagangan Internasional 

Perdagangan antarnegara terdapat barang-barang keluar dan masuk dari suatu negara ke negara lain, artinya negara yang kelebihan barang akan mengirimkan barangnya ke negara lain. Mengirimkan atau menjual barang ke negara lain disebut ekspor. Negara pelaku ekspor disebut eksportir. Dan jika suatu negara kekurangan barang kebutuhan untuk memenuhinya memerlukan barang dari negara lain. Masuknya barang dari negara lain ini disebut impor. Negara pelaku impor disebut importir

perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba.


Perdagangan Internasional

·  Kegiatan dilakukan dalam wilayah antarnegara.

·  Pembeli dan penjual tidak berinteraksi langsung.

·  Mata uang yang digunakan berbeda sehingga menggunakan devisa.

·  Dikenai pajak/bea masuk 

·  Biaya angkut lebih mahal.

·  Kualitas barang harus mengikuti standar internasional.

·  Peraturan perundang-undangan berbeda/hukum internasional.

Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

a. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki Oleh Setiap Negara.

b. Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia

c. Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

d. Perbedaan Budaya Suatu Bangsa

e. Perbedaan lain yang mempengaruhi perdagangan internasional yaitu perbedaan harga barang, perbedaan upah dan biaya produksi, serta perbedaan selera.


Manfaat Perdagangan Internasional

1). Setiap negara dapat memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa.

2). Setiap negara dapat menciptakan spesialisasi produk yaitu membuat barang produksi yang khusus yang memiliki ciri khas yang tidak dapat dihasilkan oleh negara lain.

3). Penduduk dari negara yang melakukan perdagangan akan mendapatkan barang dengan mudah dan harga murah.

4). Mendorong kegiatan produksi. Setiap negara berusaha memperluas pemasaran barang hasil produksi. Apabila pemasaran semakin luas, maka produksi dapat ditingkatkan sehingga permintaan terpenuhi.

5). Setiap negara dapat meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara.

6). Kegiatan produksi dapat meningkatkan hasil sehingga perusahaan bertambah maju dan membuka kesempatan kerja.

7). Pendapatan negara meningkat melalui perolehan devisa hasil ekspor.

8). Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi karena masingmasing negara ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas barang.

9). Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.


Hambatan Perdagangan Internasional

Kebijakan pemerintah untuk melindungi produksi dalam negeri merupakan hambatan perdagangan internasional. Kebijakan untuk melindungi produk dalam negeri disebut proteksi.

Kuota, merupakan kebijakan untuk membatasi jumlah ekspor dan impor barang dari suatu negara. 

Tarif, kebijakan pajak atas barang impor dan ekspor. 

Politik dumping, adalah kebijakan menjual barang di luar negeri lebih murah daripada di dalam negeri. 



B. Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriadi, 2001:7).

Ekonomi kreatif merupakan pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi.

Pemerintah mengidentifikasi lingkup industri kreatif mencakup 14 subsektor yang meliputi periklanan, arsiktektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fashion mode, film video, dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, radio dan TV, serta riset pengembangan. 

Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif

a. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya. 

b. Membuat Roadmap Industri kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta.

c. Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, mutu, dan pengembangan pasar.

d. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industri kreatif. 

e. Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.

C. Memanfaatkan Persaingan sebagai Peluang untuk Meraih Keunggulan Ekonomi Bangsa

Menurut David Ricardo, perdagangan internasional terjadi apabila ada perbedaan keunggulan komparatif. Teori keunggulan komparatif ini melengkapi teori keunggulan mutlak yang telah dijelaskan di atas. Keunggulan komparatif menyatakan bahwa suatu negara mampu menghasilkan barang dan jasa lebih banyak dengan biaya murah daripada negara lain.

D. Pengembangan Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Keunggulan ekonomi yang dimiliki oleh Indonesia dapat menjadi potensi dan peluang bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pengelolaan keunggulan ekonomi yang tepat dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

1. Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

a. PT Freeport Indonesia

b. Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN)

c. Batik Indonesia

Dilihat dari tekniknya batik dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

1). Batik tulis, merupakan kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang menggunakan tangan. Satu kain batik dapat dihasilkan dengan waktu kurang lebih 2–3 bulan 

2). Batik cap, adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan cap (biasanya terbuat dari tembaga). Butuh waktu 2–3 hari untuk pembuatan batik ini.

3). Batik lukis, adalah proses pembuatan batik dengan cara melukis pada kain putih. Pewarnaan pada batik tulis biasanya menggunakan serat-serat alami.

2. Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

a. Migrasi Penduduk

b. Transportasi

c. Lembaga Sosial Ekonomi

d. Pendidikan

e. Pekerjaan

E. Pasar Bebas

Kebijakan perdaganan bebas umumnya mempromosikan hal-hal berikut.

1. Perdagangan barang tanpa pajak termasuk tarif atau hambatan perdagangan lainnya.

2. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.

3. Akses ke pasar yang tidak diatur.

4. Akses informasi pasar yang tidak diatur.

5. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.

Adapun beberapa macam organisasi ekonomi dalam rangka perdagangan bebas sebagai berikut.


1. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

2. Asean Free Trade Area (AFTA)

3. Asia Pacific Economic Corporation (APEC)

4. Uni Eropa (Masyarakat Ekonomi Eropa/MEE)

5. World Trade Organization (WTO)


MATERI-MATERI LAINNYA : 

BAB I Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya 

BAB II Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

BAB III Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

BAB IV Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa 



B Indonesia      Matematika      IPA      IPS      PJOK      Seni Budaya      B Inggris      PPKN      Prakarya       



Untuk melihat barang-barang bagus dan murah silahkan cek:

Promo Produk


Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK