Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab XV Perancangan Pementasan Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab XV Perancangan Pementasan Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa tujuan utama mempelajari manajemen dalam konteks seni pertunjukan?

- Jawaban: Tujuan utama mempelajari manajemen dalam seni pertunjukan adalah agar orang atau kelompok dapat bekerja secara efisien dan mencapai ketenangan, kelancaran, serta kelangsungan usaha.

2. Pertanyaan: Bagaimana definisi manajemen menurut Ricky W. Griffin dalam konteks seni pertunjukan?

- Jawaban: Menurut Ricky W. Griffin, manajemen dalam seni pertunjukan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan musyawarah produksi seni pertunjukan?

- Jawaban: Musyawarah produksi seni pertunjukan bertujuan membentuk kelompok kerja dalam memproduksi seni pertunjukan, melibatkan pembagian kerja antara bagian produksi dan bagian artistik.

4. Pertanyaan: Apa saja tugas dan tanggung jawab bendahara dalam produksi seni pertunjukan?

- Jawaban: Bendahara bertanggung jawab terhadap semua hal yang berhubungan dengan keuangan dalam produksi seni pertunjukan.

5. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan manajemen artistik dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Manajemen artistik melibatkan berbagai tugas, seperti sutradara atau konseptor membuat konsep pertunjukan, pelatihan pemeran, dan perancangan tata artistik untuk menciptakan pementasan yang harmonis.

6. Pertanyaan: Apa saja prinsip-prinsip dalam menata pentas atau scenery dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Prinsip-prinsip dalam menata pentas melibatkan memberi ruang gerak-laku, menyatakan suasana lakon, memberikan pandangan menarik, dapat dilihat dan dimengerti oleh penonton, rancangan yang sederhana, memberikan manfaat terus menerus, dan menunjukkan hubungan antar elemen visual.

7. Pertanyaan: Mengapa tata busana sangat berpengaruh dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Tata busana sangat berpengaruh karena sebelum pemeran berbicara, penampilannya pertama kali diperhatikan oleh penonton, dan busana dapat membantu menghidupkan perwatakan pelaku.

8. Pertanyaan: Apa fungsi utama tata rias dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Fungsi utama tata rias adalah membantu memberikan dandanan atau perubahan pada para pemain sehingga terbentuk dunia pentas dengan suasana yang kena dan wajar.

9. Pertanyaan: Apa tujuan adanya tata cahaya dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Tujuan tata cahaya adalah menerangi dan menyinari pentas dan pemeran, memberi efek cahaya alamiah, melukiskan dekor atau scenery, dan membantu permainan lakon dengan menciptakan suasana kejiwaan.

10. Pertanyaan: Apa cara sederhana untuk membuat efek bunyi dalam seni pertunjukan?

- Jawaban: Cara sederhana untuk membuat efek bunyi antara lain menggunakan benda-benda seperti pintu kecil dengan gerendel untuk bunyi pintu, kotak logam dan pensil atau ballpoint untuk bunyi jam, seng atau benda keras untuk bunyi halilintar, serta balon atau benda keras untuk bunyi tembakan.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK