Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab VII Menilai Karya Melalui Resensi Kelas 11 (SMA / MA) Bahasa Indonesia

Latihan Soal dan Jawaban Bab VII Menilai Karya Melalui Resensi Kelas 11 (SMA / MA) Bahasa Indonesia



Soal 1

Apa tujuan dari resensi?

Jawaban

Tujuan dari resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.

Soal 2

Apa saja hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi?

Jawaban

Hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi ialah kualitas isi, penampilan, unsur-unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca.

Soal 3

Apa saja unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi?

Jawaban

Unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya sebagai berikut.

  • Judul resensi
  • Identitas buku yang diresensi
  • Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain)
  • Inti/isi resensi
  • Keunggulan buku
  • Kekurangan buku
  • Penutup

Soal 4

Berdasarkan objek karyanya, resensi terdiri atas bermacam-macam jenis. Sebutkan beberapa jenis resensi berdasarkan objek karyanya!

Jawaban

Berdasarkan objek karyanya, resensi terdiri atas bermacam-macam jenis, di antaranya:

  • Resensi novel
  • Resensi kumpulan cerpen
  • Resensi film
  • Resensi drama
  • Resensi lagu
  • Resensi buku ilmu pengetahuan
  • Resensi lukisan
  • Resensi karya-karya lainnya

Soal 5

Berdasarkan objek tanggapannya, resensi terdiri atas bermacam-macam jenis. Sebutkan beberapa jenis resensi berdasarkan objek tanggapannya!

Jawaban

Berdasarkan objek tanggapannya, resensi terdiri atas bermacam-macam jenis, di antaranya:

  • Resensi buku
  • Resensi film
  • Resensi drama
  • Resensi lagu
  • Resensi buku ilmu pengetahuan
  • Resensi lukisan
  • Resensi karya-karya lainnya

Soal 6

Apa saja ciri-ciri kebahasaan dalam teks resensi?

Jawaban

Ciri-ciri kebahasaan dalam teks resensi di antaranya sebagai berikut.

  • Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
  • Banyak menggunakan konjungsi temporal: sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
  • Banyak menggunakan konjungsi penyebababan: karena, sebab.
  • Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks. Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya.

Soal 7

Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk menulis resensi?

Jawaban

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk menulis resensi adalah sebagai berikut.

  • Penulis harus memiliki pengetahuan di bidangnya.
  • Penulis harus memiliki kemampuan menganalisis.
  • Penulis juga dituntut memiliki pengetahuan dalam acuan yang sebanding.

Soal 8

Apakah penulisan kata serapan harus sesuai dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia?

Jawaban

Ya, penulisan kata serapan harus sesuai dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Misalnya: cek bukan check, tim bukan team, taksi bukan taxi, dan aki bukan accu.

Soal 9

Apakah penulisan kata serapan harus diusahakan untuk tidak jauh berbeda dengan kata aslinya?

Jawaban

Ya, penulisan kata serapan diusahakan untuk tidak jauh berbeda dengan kata aslinya. Misalnya: aerob (Inggris: aerobe) bukan erob, hidraulik (Inggris: hydraulic) bukan hidrolik, sistem (Inggris: system) bukan sistim, frekuensi (Inggris: frequency) bukan frekwensi.

Soal 10

Apa saja manfaat menulis resensi?

Jawaban

Manfaat menulis resensi adalah sebagai berikut.

  • Membantu pembaca untuk mengetahui informasi tentang suatu karya.
  • Memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.
  • Meningkatkan kemampuan berekspresi.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya