Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab V Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab V Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Tari kreasi adalah jenis tari yang koreografinya masih bertolak pada tari tradisional atau pengembangan dari pola-pola tari yang sudah ada, dipengaruhi oleh gaya tari daerah lain atau negara lain, maupun hasil kreativitas penciptanya.

2. Pertanyaan: Sebutkan contoh tari kreasi yang disebutkan dalam teks!

- Jawaban: Contoh tari kreasi mencakup Tari Gebyar Trompong, Tari Oleg Tambulilingan, Tari Manuk Rawa (Bali), Tari Karonsih (Jawa tengah), Tari Kipas, dan Tari Mainang Pulo Kampu (Sumatra).

3. Pertanyaan: Bagaimana jenis tari kreasi dapat digolongkan menurut teks?

- Jawaban: Jenis tari kreasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu tari kreasi berpolakan tradisi (contoh: Tari Nandak Gojek Betawi) dan tari kreasi baru tidak berpolakan tradisi (nontradisi).

4. Pertanyaan: Apa keunikan gerak tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Koreografi dan teknik gerak tari kreasi dapat menyesuaikan pada keadaan yang saat ini sedang tren.

5. Pertanyaan: Apa yang dapat menjadi contoh tari kreasi Betawi menurut teks?

- Jawaban: Tari Gegot merupakan contoh tari kreasi Betawi yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam pada tahun 1976.

6. Pertanyaan: Siapa pencipta Tari Ronggeng Blantek menurut teks?

- Jawaban: Tari Ronggeng Blantek diciptakan pada tahun 1985 oleh Wiwiek Widyastuti.

7. Pertanyaan: Apa asal-usul Tari Loliyana menurut teks?

- Jawaban: Tari Loliyana adalah tari kreasi yang berasal dari Maluku.

8. Pertanyaan: Apa yang diunggulkan dalam Tari Saman menurut teks?

- Jawaban: Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adatnya, dan diakui oleh UNESCO sebagai daftar representatif budaya warisan manusia.

9. Pertanyaan: Kapan Tari Saman diakui oleh UNESCO menurut teks?

- Jawaban: Tari Saman diakui oleh UNESCO sebagai daftar representatif budaya warisan manusia dalam sidang ke-6 komite antarpemerintah untuk perlindungan warisan budaya UNESCO di Bali, pada 24 November 2011.

10. Pertanyaan: Apa yang menjadi fokus dalam Tari Gegot menurut teks?

- Jawaban: Tari Gegot merupakan tari Betawi yang fokus pada gerakan yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam pada tahun 1976.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK