Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab V Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab V Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Tari kreasi adalah jenis tari yang koreografinya masih bertolak pada tari tradisional atau pengembangan dari pola-pola tari yang sudah ada, dipengaruhi oleh gaya tari daerah lain atau negara lain, maupun hasil kreativitas penciptanya.

2. Pertanyaan: Sebutkan contoh tari kreasi yang disebutkan dalam teks!

- Jawaban: Contoh tari kreasi mencakup Tari Gebyar Trompong, Tari Oleg Tambulilingan, Tari Manuk Rawa (Bali), Tari Karonsih (Jawa tengah), Tari Kipas, dan Tari Mainang Pulo Kampu (Sumatra).

3. Pertanyaan: Bagaimana jenis tari kreasi dapat digolongkan menurut teks?

- Jawaban: Jenis tari kreasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu tari kreasi berpolakan tradisi (contoh: Tari Nandak Gojek Betawi) dan tari kreasi baru tidak berpolakan tradisi (nontradisi).

4. Pertanyaan: Apa keunikan gerak tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Koreografi dan teknik gerak tari kreasi dapat menyesuaikan pada keadaan yang saat ini sedang tren.

5. Pertanyaan: Apa yang dapat menjadi contoh tari kreasi Betawi menurut teks?

- Jawaban: Tari Gegot merupakan contoh tari kreasi Betawi yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam pada tahun 1976.

6. Pertanyaan: Siapa pencipta Tari Ronggeng Blantek menurut teks?

- Jawaban: Tari Ronggeng Blantek diciptakan pada tahun 1985 oleh Wiwiek Widyastuti.

7. Pertanyaan: Apa asal-usul Tari Loliyana menurut teks?

- Jawaban: Tari Loliyana adalah tari kreasi yang berasal dari Maluku.

8. Pertanyaan: Apa yang diunggulkan dalam Tari Saman menurut teks?

- Jawaban: Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adatnya, dan diakui oleh UNESCO sebagai daftar representatif budaya warisan manusia.

9. Pertanyaan: Kapan Tari Saman diakui oleh UNESCO menurut teks?

- Jawaban: Tari Saman diakui oleh UNESCO sebagai daftar representatif budaya warisan manusia dalam sidang ke-6 komite antarpemerintah untuk perlindungan warisan budaya UNESCO di Bali, pada 24 November 2011.

10. Pertanyaan: Apa yang menjadi fokus dalam Tari Gegot menurut teks?

- Jawaban: Tari Gegot merupakan tari Betawi yang fokus pada gerakan yang diciptakan oleh Entong Sukirman dan Kartini Kisam pada tahun 1976.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya