Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab II Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi - Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / MA

Latihan Soal dan Jawaban Bab II Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi - Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / MA



Pertanyaan dan Jawaban tentang Bab II Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi - Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA

Pertanyaan 1:

Apa tujuan teks eksposisi?

Jawaban:

Tujuan teks eksposisi adalah untuk menyajikan gagasan atau pendapat penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu.

Pertanyaan 2:

Apa saja unsur-unsur teks eksposisi?

Jawaban:

Unsur-unsur teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Tesis atau pernyataan pendapat
  • Argumentasi
  • Penegasan ulang

Pertanyaan 3:

Apa yang dimaksud dengan tesis atau pernyataan pendapat?

Jawaban:

Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

Pertanyaan 4:

Apa yang dimaksud dengan argumentasi?

Jawaban:

Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli.

Pertanyaan 5:

Apa yang dimaksud dengan penegasan ulang?

Jawaban:

Penegasan ulang bertujuan untuk menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.

Pertanyaan 6:

Sebutkan dua contoh kalimat fakta dan kalimat opini!

Jawaban:

Contoh kalimat fakta:

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia hingga tanggal 13 Mei 2013 mencatat ada 158.812 narapidana dan tahanan di Indonesia, yang 51.899 orang di antaranya terkait kasus narkoba.

Contoh kalimat opini:

Sebagai generasi muda, calon penerus perjuangan bangsa, sudah seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas.

Pertanyaan 7:

Apa perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini?

Jawaban:

Perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini adalah sebagai berikut:

  • Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan kebenaran berdasarkan data atau kenyataan.
  • Kalimat opini adalah kalimat yang menyatakan pendapat atau keyakinan seseorang.

Pertanyaan 8:

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun teks eksposisi?

Jawaban:

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Tesis yang disampaikan harus jelas dan tegas.
  • Argumentasi yang digunakan harus kuat dan logis.
  • Penegasan ulang harus sesuai dengan tesis.

Pertanyaan 9:

Bagaimana cara mengembangkan isi teks eksposisi?

Jawaban:

Issi teks eksposisi dikembangkan berdasarkan gagasan pokok yang dinyatakan dalam tesis atau pernyataan pendapat. Untuk menguatkan pendapat tersebut digunakanlah argumen-argumen. Argumen dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli.

Pertanyaan 10:

Bagaimana cara menyusun teks eksposisi yang baik?

Jawaban:

Cara menyusun teks eksposisi yang baik adalah sebagai berikut:

  • Mulailah dengan mendata gagasangagasan pokok yang sesuai dengan topik yang akan kita bahas.
  • Selanjutnya, kembangkanlah gagasan-gagasan pokok tersebut dengan gagasan penjelas agar ide yang kita sampaikan menjadi jelas bagi pendengar atau pembaca.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 11 Statistika - Matematika Kelas 10 SMA/MA/SMK

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK