Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab I Menyusun Prosedur - Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / MA / SMK

Latihan Soal dan Jawaban Bab I Menyusun Prosedur - Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / MA / SMK



Pertanyaan 1:

Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?

Jawaban:

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau instruksi untuk melakukan suatu kegiatan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca dalam memahami dan melakukan suatu kegiatan.

Pertanyaan 2:

Sebutkan struktur teks prosedur!

Jawaban:

Struktur teks prosedur terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Tujuan: Bagian ini berisi pernyataan umum tentang topik yang akan dibahas.
  • Langkah-langkah: Bagian ini berisi penjelasan secara rinci tentang cara melakukan suatu kegiatan.
  • Penegasan ulang: Bagian ini berisi kesimpulan atau harapan dari teks prosedur.

Pertanyaan 3:

Sebutkan ciri-ciri kebahasaan teks prosedur!

Jawaban:

Ciri-ciri kebahasaan teks prosedur adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan kata kerja imperatif: Kata kerja imperatif adalah kata kerja yang berfungsi untuk memberi perintah atau instruksi.
  • Menggunakan kata teknis: Kata teknis adalah kata yang berkaitan dengan suatu bidang ilmu atau kegiatan tertentu.
  • Menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan: Konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan, seperti "dan", "serta", "lalu", "kemudian", "selanjutnya", dan sebagainya, digunakan untuk menunjukkan urutan langkah-langkah.
  • Menggunakan pernyataan persuasif: Pernyataan persuasif adalah pernyataan yang bertujuan untuk membujuk atau meyakinkan pembaca.

Pertanyaan 4:

Bagaimana cara menyusun rancangan garis besar suatu prosedur?

Jawaban:

Cara menyusun rancangan garis besar suatu prosedur adalah sebagai berikut:

1. Tentukan topik yang akan dibahas.

2. Buatlah poin-poin penting dari topik yang telah ditentukan.

3. Urutkan poin-poin tersebut secara logis.

4. Tambahkan penjelasan atau detail pada setiap poin.

Pertanyaan 5:

Sebutkan beberapa tema teks prosedur!

Jawaban:

Beberapa tema teks prosedur adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan hidup: Misalnya, kiat hidup sehat, kiat belajar menyenangkan, dan kiat sukses bertetangga.
  • Aktivitas tertentu: Misalnya, cara membuat bolu kukus, cara menanam jagung hibrida, dan cara memelihara kucing.
  • Penggunaan alat: Misalnya, cara penggunaan laptop, cara menghidupkan motor bekas, dan cara menggunakan pisau cukur.

Pertanyaan 6:

Bagaimana cara menentukan tujuan teks prosedur?

Jawaban:

Tujuan teks prosedur dapat ditentukan dengan memperhatikan topik yang dibahas. Misalnya, jika topik yang dibahas adalah cara membuat bolu kukus, maka tujuan teks prosedurnya adalah untuk menjelaskan langkah-langkah membuat bolu kukus.

Pertanyaan 7:

Bagaimana cara menentukan langkah-langkah teks prosedur?

Jawaban:

Langkah-langkah teks prosedur dapat ditentukan dengan memperhatikan tujuan teks prosedur. Misalnya, jika tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan langkah-langkah membuat bolu kukus, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan bahan-bahan.

2. Panaskan oven.

3. Kocok telur dan gula hingga mengembang.

4. Masukkan tepung, susu, dan baking powder.

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan tepung.

6. Panggang dalam oven selama 30 menit.

7. Angkat dan dinginkan.

Pertanyaan 8:

Bagaimana cara menentukan penegasan ulang teks prosedur?

Jawaban:

Penegasan ulang teks prosedur dapat ditentukan dengan memperhatikan tujuan teks prosedur. Misalnya, jika tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan langkah-langkah membuat bolu kukus, maka penegasan ulangnya adalah sebagai berikut:

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat bolu kukus yang enak dan lezat.

Pertanyaan 9:

Bagaimana cara mengartikan kata-kata sulit dalam teks prosedur?

Jawaban:

Kata-kata sulit dalam teks prosedur dapat diartikan dengan menggunakan kamus. Arti kata yang berdasarkan kamus disebut dengan makna leksikal. Arti kata yang berdasarkan konteks kalimat disebut dengan makna struktural.

Pertanyaan 10:

Bagaimana cara memaknai maksud teks prosedur secara keseluruhan?

Jawaban:

Maksud teks prosedur secara keseluruhan dapat dipahami dengan memperhatikan tujuan teks prosedur, langkah-langkah, dan penegasan ulang. Misalnya, jika tujuan teks prosedur adalah untuk menjelaskan langkah-langkah membuat bolu


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya