Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara...

Latihan Soal dan Jawaban BAB 4 Kekongruenan dan Kesebangunan (Pengayaan) - Matematika Kelas 12 SMA / MA / SMK

Latihan Soal dan Jawaban BAB 4 Kekongruenan dan Kesebangunan (Pengayaan) - Matematika Kelas 12 SMA / MA / SMK



1. Apa yang dimaksud dengan dua bangun datar yang sebangun?

Jawaban: Dua bangun datar dikatakan sebangun jika terdapat korespondensi satu-satu antara titik-titik sudut pada bangun-bangun tersebut dan memenuhi kriteria:

Semua rasio dari ukuran sisi-sisi yang bersesuaian sama besar, dan

Semua sudut-sudut yang bersesuaian kongruen (ukurannya sama besar).

2. Bagaimana cara menentukan kesebangunan dua segitiga?

Jawaban: Ada tiga cara untuk menentukan kesebangunan dua segitiga, yaitu:

Konjektur Kesebangunan Sudut-Sudut: Jika dua sudut dari segitiga pertama sama besar dengan dua sudut dari segitiga kedua, maka dua segitiga tersebut sebangun.

Konjektur Kesebangunan Sisi-Sudut-Sisi: Jika dua sisi dari segitiga pertama proporsional dengan dua sisi segitiga kedua dan sudut yang dibentuk oleh dua sisi yang proporsional sama besar, maka dua segitiga tersebut sebangun.

Konjektur Kesebangunan Sisi-Sisi-Sisi: Jika tiga sisi dari segitiga yang pertama proporsional dengan tiga segitiga yang kedua, maka kedua segitiga tersebut sebangun.

3. Bagaimana hubungan antara kekongruenan dan kesebangunan?

Jawaban: Kekongruenan merupakan kejadian khusus dari kesebangunan, yakni perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian nilainya sama dengan 1. Jika dua segibanyak kongruen, maka dua segi banyak tersebut sebangun, namun tidak sebaliknya.

4. Apakah kontraktor bangunan perlu mengukur dan membandingkan semua bagian-bagian dari dua segitiga untuk memastikan bahwa kedua segitiga tersebut kongruen?

Jawaban: Tidak perlu. Jika kontraktor bangunan dapat membuktikan bahwa dua segitiga tersebut sebangun, maka kedua segitiga tersebut pasti kongruen.

5. Apakah dua segitiga yang sebangun pasti sebangun dengan segitiga ketiga yang sebangun dengan salah satu dari kedua segitiga tersebut?

Jawaban: Iya, dua segitiga yang sebangun pasti sebangun dengan segitiga ketiga yang sebangun dengan salah satu dari kedua segitiga tersebut.

6. Apakah dua segitiga yang sebangun dengan segitiga ketiga pasti sebangun dengan satu sama lain?

Jawaban: Tidak, dua segitiga yang sebangun dengan segitiga ketiga belum tentu sebangun dengan satu sama lain.

7. Apakah dua segitiga yang kongruen pasti sebangun?

Jawaban: Iya, dua segitiga yang kongruen pasti sebangun.

8. Apakah dua segitiga yang sebangun pasti kongruen?

Jawaban: Tidak, dua segitiga yang sebangun belum tentu kongruen.

9. Apakah dua segitiga yang sebangun pasti memiliki sudut-sudut yang sama besar?

Jawaban: Iya, dua segitiga yang sebangun pasti memiliki sudut-sudut yang sama besar.

10. Apakah dua segitiga yang memiliki sudut-sudut yang sama besar pasti sebangun?

Jawaban: Tidak, dua segitiga yang memiliki sudut-sudut yang sama besar belum tentu sebangun.

Pertanyaan-pertanyaan tambahan:

Bagaimana cara menentukan kekongruenan dua bangun datar selain segitiga?

Apa saja aplikasi kekongruenan dan kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari?

Bagaimana hubungan antara kekongruenan dan kesebangunan dengan transformasi geometri?


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 7 Bioteknologi - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 11 Statistika - Matematika Kelas 10 SMA/MA/SMK

Bab II Apresiasi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi - Seni Budaya Kurtilas Kelas 12 (SMA / MA / SMK)