Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab 3 Gaya dan Bernyanyi Lagu Daerah - Seni Budaya Kelas 8 SMP / MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 3 Gaya dan Bernyanyi Lagu Daerah - Seni Budaya Kelas 8 SMP / MTS



Pertanyaan dan Jawaban tentang Gaya dan Bernyanyi Lagu Daerah

1. Apa fungsi musik bagi masyarakat?

Jawab: Musik memiliki banyak fungsi bagi masyarakat, antara lain sebagai sarana upacara adat, musik pengiring tari, media bermain, dan media penerangan.

2. Apa yang dimaksud dengan musik tradisi?

Jawab: Musik tradisi adalah musik yang berkembang di masyarakat secara turun-temurun dan memiliki ciri khas tertentu.

3. Apa yang dimaksud dengan gaya bernyanyi?

Jawab: Gaya bernyanyi adalah cara menyanyikan lagu dengan ciri khas tertentu.

4. Apa yang dimaksud dengan bernyanyi secara unisono?

Jawab: Bernyanyi secara unisono adalah bernyanyi satu suara.


5. Apa saja lagu-lagu daerah yang menggunakan gaya bernyanyi unisono?

Jawab: Beberapa lagu daerah yang menggunakan gaya bernyanyi unisono antara lain:

  • Pakarena (Sulawesi Selatan)
  • Sirih Kuning (Jawa Tengah)
  • Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan)
  • Ayam Den Lapeh (Minangkabau)
  • Kicir-kicir (Jawa Barat)
  • Sarinande (Nusa Tenggara Barat)
  • Yamko Rambe Yamko (Papua)

6. Apa saja ciri-ciri gaya bernyanyi unisono?

Jawab: Ciri-ciri gaya bernyanyi unisono antara lain:

  • Hanya menggunakan satu suara
  • Tidak ada pembagian suara
  • Hanya menggunakan satu melodi
  • Tidak ada harmonisasi

7. Apa saja teknik yang harus diperhatikan dalam bernyanyi secara unisono?

Jawab: Teknik yang harus diperhatikan dalam bernyanyi secara unisono antara lain:

  • Intonasi yang tepat
  • Ekspresi yang sesuai dengan lagu
  • Artikulasi yang jelas
  • Tempo yang tepat

8. Apa saja manfaat bernyanyi secara unisono?

Jawab: Manfaat bernyanyi secara unisono antara lain:

  • Melatih koordinasi antaranggota kelompok
  • Melatih kemampuan bernyanyi secara bersama-sama
  • Melatih kemampuan mengekspresikan diri melalui lagu

9. Apa yang dimaksud dengan pesinden?

Jawab: Pesinden adalah sebutan bagi perempuan yang bernyanyi mengiringi gamelan, umumnya sebagai penyanyi satu-satunya.

10. Apa saja peran pesinden dalam pertunjukan musik tradisi?

Jawab: Peran pesinden dalam pertunjukan musik tradisi antara lain:

  • Membawakan lagu-lagu pengiring gamelan
  • Menyanyikan lagu-lagu yang memiliki nilai filosofis
  • Menjadi daya tarik pertunjukan musik tradisi


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK