Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban BAB 1 Berita Seputar Indonesia - Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban BAB 1 Berita Seputar Indonesia - Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTS



Pertanyaan dan Jawaban

1. Apa tujuan dari berita?

Jawaban:

Tujuan dari berita adalah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

2. Apa saja unsur-unsur berita?

Jawaban:

Unsur-unsur berita adalah:

  • Apa (what)
  • Siapa (who)
  • Di mana (where)
  • Kapan (when)
  • Mengapa (why)
  • Bagaimana (how)

3. Bagaimana cara menentukan unsur-unsur berita?

Jawaban:

Untuk menentukan unsur-unsur berita, kita dapat menggunakan rumus 5W+1H.

4. Apa perbedaan tanggapan dan komentar?

Jawaban:

Tanggapan adalah sambutan terhadap suatu ucapan. Isinya bisa berupa kritik atau komentar. Komentar adalah pendapat atau ulasan terhadap suatu hal.

5. Apa saja kaidah-kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita?

Jawaban:

Kaidah-kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita adalah:

  • Penggunaan bahasa bersifat standar (baku)
  • Penggunaan kalimat langsung
  • Penggunaan konjungsi bahwa
  • Penggunaan kata kerja mental
  • Penggunaan keterangan waktu dan tempat
  • Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan

6. Apa saja jenis-jenis tanggapan terhadap berita?

Jawaban:

Tanggapan terhadap berita dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Tanggapan terhadap isi berita
  • Tanggapan terhadap struktur berita

7. Apa saja contoh tanggapan terhadap isi berita?

Jawaban:

Contoh tanggapan terhadap isi berita adalah:

  • "Saya setuju dengan pernyataan dalam berita tersebut bahwa korupsi harus diberantas."
  • "Saya tidak setuju dengan berita tersebut karena tidak memberikan informasi yang lengkap."

8. Apa saja contoh tanggapan terhadap struktur berita?

Jawaban:

Contoh tanggapan terhadap struktur berita adalah:

  • "Struktur berita tersebut sudah baik, tetapi sebaiknya dilengkapi dengan foto atau gambar."
  • "Struktur berita tersebut kurang jelas karena tidak menjelaskan siapa narasumbernya."

9. Apa saja contoh penggunaan bahasa standar dalam teks berita?

Jawaban:

Contoh penggunaan bahasa standar dalam teks berita adalah:

  • "Pemerintah akan memberikan bantuan kepada para korban banjir."
  • "Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bencana alam."

10. Apa saja contoh penggunaan kalimat langsung dalam teks berita?

Jawaban:

Contoh penggunaan kalimat langsung dalam teks berita adalah:

  • "'Saya akan terus berjuang untuk kesejahteraan rakyat,' kata Presiden Jokowi."
  • "'Kami tidak akan menyerah dalam melawan korupsi,' ujar Wakil Presiden Ma'ruf Amin."


11. Apakah berita dapat digunakan sebagai sumber informasi?

Jawaban:

Ya, berita dapat digunakan sebagai sumber informasi. Berita menyajikan informasi terkini dan akurat tentang berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita.

12. Apakah berita dapat digunakan untuk menambah wawasan?

Jawaban:

Ya, berita dapat digunakan untuk menambah wawasan. Berita menyajikan informasi yang beragam, mulai dari peristiwa politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga olahraga.

13. Apakah berita dapat digunakan untuk membentuk opini?

Jawaban:

Ya, berita dapat digunakan untuk membentuk opini. Berita menyajikan berbagai sudut pandang tentang suatu peristiwa. Hal ini dapat membantu kita untuk membentuk opini yang lebih objektif.

14. Apakah berita dapat digunakan untuk mengkritik pemerintah?

Jawaban:

Ya, berita dapat digunakan untuk mengkritik pemerintah. Berita memiliki peran penting dalam mengawasi kinerja pemerintah. Berita dapat menyajikan informasi tentang kinerja pemerintah yang kurang memuaskan.

15. Apakah berita dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat?

Jawaban:

Ya, berita dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat. Berita dapat menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, misalnya informasi tentang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

BAB V. KEBUGARAN JASMANI - PJOK Kelas 8 SMP/MTS

BAB III Aktivitas Atletik Kelas 9 (SMP/MTS) PJOK