Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban BAB IV Pengolahan Bahan Setengah Jadi dari Serealia Kacang-Kacangan dan Umbi Menjadi Makanan Khas Wilayah Setempat SEMESTER II PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban BAB IV Pengolahan Bahan Setengah Jadi dari Serealia Kacang-Kacangan dan Umbi Menjadi Makanan Khas Wilayah Setempat SEMESTER II PRAKARYA Kelas 8 SMP/MTS



1. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan pengolahan bahan pangan?

Jawaban: Pengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan.

2. Pertanyaan: Apa pengertian serealia dalam konteks pengolahan bahan pangan?

Jawaban: Serealia adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi/padian/rumput yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan umbi dalam konteks pengolahan bahan pangan?

Jawaban: Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk sebagai akibat perubahan fungsinya, terutama batang, akar, atau modifikasinya.

4. Pertanyaan: Mengapa olahan bahan pangan setengah jadi memiliki nilai ekonomi lebih tinggi?

Jawaban: Olahan bahan pangan setengah jadi memiliki umur simpan yang lebih panjang dan dapat diolah secara cepat sesuai kebutuhan, sehingga memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

5. Pertanyaan: Apa jenis-jenis olahan pangan setengah jadi dengan bentuk pipih tebal atau tipis?

Jawaban: Contoh produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis antara lain kerupuk tette, keripik singkong, sawut/gaplek ubi jalar, gaplek ubi kayu, dan kentang beku.

6. Pertanyaan: Apa teknik pengolahan makanan panas basah dan berikan contoh metode yang termasuk di dalamnya?

Jawaban: Teknik pengolahan makanan panas basah melibatkan penggunaan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Contoh metode meliputi merebus, poaching, braising, stewing, mengukus, simmering, dan mengetim.

7. Pertanyaan: Apa teknik pengolahan makanan panas kering dan berikan contoh metode yang termasuk di dalamnya?

Jawaban: Teknik pengolahan makanan panas kering melibatkan penggunaan panas tanpa cairan. Contoh metode meliputi menggoreng dengan minyak banyak, menggoreng dengan minyak sedikit, menumis, memanggang, dan membakar.

8. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan kombinasi warna dalam penyajian olahan pangan?

Jawaban: Kombinasi warna dalam penyajian olahan pangan adalah pengaturan warna yang menarik untuk memberikan tampilan yang menggugah selera.

9. Pertanyaan: Mengapa penting memperhatikan bentuk, tekstur, dan kekentalan dalam penyajian olahan pangan?

Jawaban: Hal ini penting karena bentuk, tekstur, dan kekentalan dapat memengaruhi pengalaman sensori dan selera saat mengonsumsi makanan.

10. Pertanyaan: Apa peran hiasan/garnis dalam penyajian olahan pangan?

Jawaban: Hiasan/garnis berperan dalam memberikan sentuhan estetis dan meningkatkan daya tarik visual suatu hidangan atau olahan pangan.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya