Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab XIII Pola Lantai Gerak Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA

Latihan Soal dan Jawaban Bab XIII Pola Lantai Gerak Tari Kreasi Kelas 9 (SMP/MTS) SENI BUDAYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa yang menjadi fokus penari dalam pertunjukan seni tari menurut teks?

- Jawaban: Fokus penari dalam pertunjukan seni tari adalah membuat pola lantai gerak yang sesuai dengan jenis tarian yang ditampilkan.

2. Pertanyaan: Bagaimana penyajian tari tunggal berbeda dengan tari berpasangan dan kelompok dalam hal pola lantai?

- Jawaban: Pada penyajian tari tunggal, penari memiliki kebebasan untuk membuat pola lantai sesuai keinginan, sedangkan pada tari berpasangan dan kelompok, penari harus mematuhi aturan tertentu dan bekerja sama.

3. Pertanyaan: Mengapa gerak tari kreasi menjadi lebih menarik dengan adanya musik dan pola lantai yang bervariatif?

- Jawaban: Musik memberikan pengiringan yang memperkaya gerak tari, sementara pola lantai yang bervariatif menambah keindahan dan ketertarikan dalam penampilan tari kreasi.

4. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan pola lantai dalam konteks tari kreasi?

- Jawaban: Pola lantai dalam tari kreasi merujuk pada susunan titik-titik penting pada panggung yang membentuk garis lurus atau garis lengkung, seperti vertikal, horizontal, diagonal, zigzag, melingkar, atau spiral.

5. Pertanyaan: Bagaimana gambaran tari Nandak Gojek dengan pola lantai garis lurus?

- Jawaban: Tari Nandak Gojek menggunakan pola lantai garis lurus, memberikan kesan sederhana tetapi kuat dengan gerakan yang mengikuti garis lurus.

6. Pertanyaan: Apa saja desain yang dapat dihasilkan dari garis lurus dalam pola lantai gerak tari?

- Jawaban: Garis lurus dapat membentuk desain V, segitiga, segi empat, huruf T, dan desain zig-zag.

7. Pertanyaan: Apa kesan yang diberikan oleh garis lengkung dalam pola lantai gerak tari?

- Jawaban: Garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah dalam tarian, menciptakan gerakan dengan keanggunan dan kelembutan.

8. Pertanyaan: Mengapa garis lurus banyak digunakan dalam tari klasik?

- Jawaban: Garis lurus banyak digunakan dalam tari klasik karena memberikan kesan sederhana namun kuat, sesuai dengan karakteristik tarian klasik.

9. Pertanyaan: Bagaimana garis lingkaran dapat digunakan dalam pola lantai gerak tari?

- Jawaban: Garis lingkaran dapat digunakan untuk menciptakan pola lantai dengan kesan melingkar, sering digunakan dalam tarian primitif.

10. Pertanyaan: Apa yang dapat dilibatkan dalam meragakan gerak tari kreasi menurut teks?

- Jawaban: Dalam meragakan gerak tari kreasi, penari dapat memanfaatkan semua titik pada panggung untuk menciptakan pola lantai dengan bentuk garis lurus atau garis lengkung yang bervariatif.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya