Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab VII Belajar Dari Biografi - Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / MA

Latihan Soal dan Jawaban Bab VII Belajar Dari Biografi - Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / MA




Pertanyaan 1:

Apa yang dimaksud dengan biografi?

Jawaban:

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Pertanyaan 2:

Apa saja tujuan penulisan biografi?

Jawaban:

Tujuan penulisan biografi adalah untuk memberikan informasi tentang riwayat hidup seseorang, untuk menginspirasi pembaca, dan untuk menjadi teladan bagi pembaca.

Pertanyaan 3:

Apa saja struktur teks biografi?

Jawaban:

Struktur teks biografi terdiri dari tiga bagian, yaitu orientasi, kejadian penting, dan reorientasi.

Pertanyaan 4:

Apa yang dimaksud dengan orientasi dalam teks biografi?

Jawaban:

Orientasi adalah bagian awal teks biografi yang berisi informasi tentang latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya.

Pertanyaan 5:

Apa yang dimaksud dengan kejadian penting dalam teks biografi?

Jawaban:

Kejadian penting adalah bagian utama teks biografi yang berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis.

Pertanyaan 6:

Apa yang dimaksud dengan reorientasi dalam teks biografi?

Jawaban:

Reorientasi adalah bagian akhir teks biografi yang berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.

Pertanyaan 7:

Apa saja kaidah kebahasaan teks biografi?

Jawaban:

Kaidah kebahasaan teks biografi yang dominan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau.
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan.
  • Banyak menggunakan kata adjektiva.
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif.
  • Banyak menggunakan kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental.
  • Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu.

Pertanyaan 8:

Apa yang dimaksud dengan karakter unggul tokoh?

Jawaban:

Karakter unggul tokoh adalah watak atau sifat yang dimiliki tokoh yang membuatnya menjadi istimewa dan mampu mencapai keberhasilan dalam kehidupannya.

Pertanyaan 9:

Bagaimana cara menemukan karakter unggul tokoh?

Jawaban:

Karakter unggul tokoh dapat ditemukan dengan mengidentifikasi peristiwa/ permasalahan apa yang dialami seseorang serta bagaimana caranya menghadapi semua itu.

Pertanyaan 10:

Bagaimana cara penggambaran karakter unggul tokoh?

Jawaban:

Penggambaran karakter unggul tokoh ada dua cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.

Pertanyaan 11:

Berikan contoh penggambaran karakter unggul tokoh secara langsung!

Jawaban:

Contoh penggambaran karakter unggul tokoh secara langsung adalah sebagai berikut:

"Agus adalah seorang anak yang rajin dan tekun. Ia selalu belajar dengan sungguh-sungguh, bahkan di sela-sela waktu bermainnya."

Pertanyaan 12:

Berikan contoh penggambaran karakter unggul tokoh secara tidak langsung!

Jawaban:

Contoh penggambaran karakter unggul tokoh secara tidak langsung adalah sebagai berikut:

"Agus berhasil meraih juara pertama dalam lomba matematika tingkat nasional. Ia mampu mengalahkan peserta-peserta lain yang berasal dari berbagai daerah."

Pertanyaan 13:

Apa manfaat membaca biografi?

Jawaban:

Membaca biografi memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan wawasan tentang tokoh-tokoh terkenal.
  • Mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk meraih keberhasilan.
  • Menjadi teladan dalam menjalani kehidupan.

Pertanyaan 14:

Siapa tokoh biografi yang paling menginspirasimu?

Jawaban:

Tokoh biografi yang paling menginspirasiku adalah Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Beliau adalah seorang tokoh yang gigih memperjuangkan pendidikan untuk rakyat Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang sederhana dan rendah hati.

Pertanyaan 15:

Apa yang kamu pelajari dari biografi Ki Hajar Dewantara?

Jawaban:

Dari biografi Ki Hajar Dewantara, saya belajar banyak hal, di antaranya:

  • Pentingnya pendidikan bagi bangsa dan rakyat.
  • Perlunya perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai tujuan.
  • Kegigihan dan ketekunan dalam menghadapi tantangan.
  • Kesederhanaan dan kerendahan hati.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya