Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran Kelas 9 (SMP/MTS) PRAKARYA

Latihan Soal dan Jawaban BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran Kelas 9 (SMP/MTS) PRAKARYA



Pertanyaan dan Jawaban:

1. Pertanyaan: Apa beberapa alasan yang dikemukakan untuk melakukan kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Beberapa alasan meliputi kekurangan bahan baku atau pemanfaatan bahan yang jumlahnya terbatas, menghindari bentuk yang monoton, meningkatkan estetika pada produk, dan tampil lebih modern yang dapat disukai oleh berbagai kalangan.

2. Pertanyaan: Apa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyederhanakan bentuk produk kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Prinsip dalam menyederhanakan bentuk melibatkan pesan eksplisit pada produk yang harus jelas, pertimbangan pesan implisit, mempertimbangkan bahan yang tersedia atau yang dapat disiapkan setelah perancangan, menyusun produk kerajinan sebagai materi awal untuk penyederhanaan bentuk, dan memperhatikan penghematan bahan.

3. Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan deformasi dalam konteks produk kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Deformasi adalah merubah bentuk produk kerajinan berbasis media campuran, contohnya seperti memanipulasi bentuk bahan kayu atau keramik sehingga hasilnya tidak menyerupai produk aslinya.

4. Pertanyaan: Apa saja jenis bahan yang dapat digunakan dalam kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Jenis bahan meliputi batu, logam, plastik, kayu, dan keramik. Contohnya, logam dapat dipadukan dengan kain, plastik dengan kayu, dan sebagainya.

5. Pertanyaan: Sebutkan karakteristik beberapa bahan yang digunakan dalam kerajinan berbasis media campuran.

- Jawaban: Karakteristik bahan melibatkan sifat-sifat seperti kemudahan berkarat pada logam, mudah pecah pada keramik, dan sifat khusus lainnya yang mempengaruhi pemilihan dan pengolahan bahan.

6. Pertanyaan: Apa alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan dari bahan plastik?

- Jawaban: Alat yang digunakan dapat berupa gunting, dan jika ingin melakukan proses penggilingan atau pencetakan, diperlukan alat khusus. Pemanasan juga dapat digunakan untuk mencetak plastik.

7. Pertanyaan: Bagaimana kemasan dapat menjadi sentuhan akhir dalam proses pembuatan kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Kemasan dapat mempertimbangkan ukuran karya, dan gambaran kemasan produk souvenir dari kardus menjadi contoh bagaimana kemasan dapat melengkapi sebuah karya.

8. Pertanyaan: Berikan contoh produk kerajinan dari logam berbasis media campuran.

- Jawaban: Contohnya dapat berupa kalung logam dengan kain sebagai talinya, wadah lilin dari logam dengan rangka logam dililit dengan rotan, atau hiasan dengan kombinasi bahan.

9. Pertanyaan: Apa yang menjadi bahan utama dalam pembuatan kerajinan dari keramik?

- Jawaban: Bahan utama adalah tanah liat, sehingga keramik harus mendominasi dari produk kerajinan tersebut. Bahan campuran lainnya dapat melibatkan kulit, kain, logam, dan sebagainya.

10. Pertanyaan: Mengapa penting memahami karakteristik setiap bahan sebelum membuat kerajinan berbasis media campuran?

- Jawaban: Penting untuk memahami karakteristik setiap bahan agar pemilihan bahan sesuai dengan rencana pembuatan produk kerajinan, menghindari kerusakan atau ketidaksesuaian antar bahan, dan memaksimalkan kualitas produk yang dihasilkan.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya