Postingan Terbaru

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari - Seni Budaya Kelas 7 SMP/MTS Soal 1: Apa yang dimaksud dengan level? Jawaban: Level adalah ketinggian badan penari saat melakukan gerak. Soal 2: Sebutkan tiga jenis level pada gerak tari! Jawaban: Tiga jenis level pada gerak tari adalah: Level tinggi: penari berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Level sedang: penari berdiri dengan lutut sedikit ditekuk atau badan direndahkan. Level rendah: penari duduk, jongkok, atau bahkan membungkuk. Soal 3: Mengapa level penting dalam gerak tari? Jawaban: Level penting dalam gerak tari karena dapat membuat penampilan tari tampak lebih dinamis dan menarik. Soal 4: Bagaimana cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari? Jawaban: Cara menampilkan level tinggi dalam gerak tari adalah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki rapat atau dibuka selebar bahu. Soal 5: Bagaimana cara menampilkan level sedang dalam gerak tari? Jawaban: Cara

Latihan Soal dan Jawaban Bab 15 Merancang Pementasan Pantomim - Seni Budaya Kelas 8 SMP / MTS

Latihan Soal dan Jawaban Bab 15 Merancang Pementasan Pantomim - Seni Budaya Kelas 8 SMP / MTS



1. Apa yang harus diperhatikan dalam mencari tema untuk pertunjukan pantomim?

Jawab: Tema untuk pertunjukan pantomim sebaiknya mencakup ide-ide cerita yang unik dan dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, seperti kerja bakti, beres-beres rumah, berwisata, atau bermain dengan binatang peliharaan.

2. Bagaimana penggunaan rias pada pertunjukan pantomim, dan apa saja ciri khasnya?

Jawab: Pantomim menggunakan rias yang khas, dengan wajah ditutupi bedak putih dan garis-garis hitam dari alis untuk menonjolkan mata, bibir, dan hidung. Pemakaian lipstik, pemerah pipi, dan pensil alis juga dapat ditambahkan.

3. Apa tujuan penggunaan kostum yang sederhana dalam pertunjukan pantomim?

Jawab: Kostum sederhana, seperti kaos dan celana ketat, digunakan untuk memudahkan kelenturan dan menonjolkan bentuk-bentuk gerak pantomim yang ditampilkan.

4. Bagaimana peran musik dalam pertunjukan pantomim?

Jawab: Musik dalam pertunjukan pantomim berfungsi sebagai penguat adegan dan gerakan, serta membantu menciptakan suasana yang ingin ditampilkan, seperti kemeriahan, kesedihan, atau suasana tempat tertentu.

5. Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat rancangan properti untuk pertunjukan pantomim?

Jawab: Rancangan properti harus efektif dan efisien, sesuai dengan tuntutan pertunjukan. Properti dan setting harus sesuai dengan fungsinya, tidak berlebihan atau kurang, dan memberikan kenyamanan bagi para pemain serta daya tarik bagi penonton.

6. Mengapa tema dari kehidupan sehari-hari dianggap menarik untuk pertunjukan pantomim?

Jawab: Tema dari kehidupan sehari-hari dianggap menarik karena dapat memberikan kesan yang akrab dan dekat dengan penonton, sehingga lebih mudah dipahami dan dinikmati.

7. Apa yang membedakan penggunaan rias pada pertunjukan pantomim dengan bentuk seni pertunjukan lainnya?

Jawab: Penggunaan rias pada pantomim khas dengan wajah yang ditutupi bedak putih, garis hitam alis, dan penonjolan di mata, bibir, dan hidung, memberikan karakteristik yang unik dan khas.

8. Bagaimana peran properti dalam menciptakan efek yang diinginkan dalam pertunjukan pantomim?

Jawab: Properti memiliki peran penting dalam menciptakan efek yang diinginkan dalam pertunjukan pantomim, membantu membangun suasana dan memperjelas alur cerita.

9. Apa yang harus diperhatikan dalam merancang musik untuk pertunjukan pantomim?

Jawab: Musika harus dipilih dan dirancang dengan cermat untuk mendukung adegan dan gerakan pantomim, serta menciptakan suasana yang sesuai dengan tema pertunjukan.

10. Mengapa penting untuk menjaga kesederhanaan dalam kostum pertunjukan pantomim?

Jawab: Kesederhanaan kostum penting agar kelenturan dan bentuk gerakan pantomim dapat lebih jelas terlihat oleh penonton.


Kembali Ke Ringkasan Materi

Komentar

Postingan Populer

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup - Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP / MTS

Bab 2 Wirausaha Rekayasa Bidang Konversi Energi - Kelas 11 (SMA / MA / SMK) Prakarya