Latihan Soal dan Jawaban Bab 1 Membuat Surat Lamaran Pekerjaan - Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA / MA
1. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah:
- Kerapian dan kebersihan surat
- Bahasa yang dipergunakan
- Promosi yang baik
2. Apa saja bagian-bagian surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Surat lamaran pekerjaan terdiri atas bagian surat dan riwayat hidup. Kedua bagian ini cukup ditampilkan dalam satu halaman untuk surat dan antara 3-4 halaman untuk riwayat hidup.
Bagian surat terdiri atas:
- Tempat/tanggal
- Alamat
- Salam pembuka
- Isi Surat
- Salam penutup
- Tanda tangan
- Nama terang
- Bagian riwayat hidup terdiri atas:
- Data diri
- Pendidikan
- Pengalaman kerja
- Keahlian
- Prestasi
3. Bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik?
Jawaban:
Cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut:
- Perhatikan kelengkapan surat, yaitu tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.
- Gunakan bahasa yang formal dan sopan.
- Tulislah surat dengan rapi dan bersih.
- Tuliskan isi surat dengan singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran.
- Promosikan diri Anda dengan baik.
4. Apa saja jenis-jenis surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu:
- Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae).
- Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dari riwayat hidup.
5. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:
- Gunakan bentuk surat yang standar.
- Gunakan bahasa yang baik dan benar.
- Gunakan kata-kata yang sopan.
- Gunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat informatif, dan tepat sasaran.
- Tulisan bersih, mudah dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan.
- Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat.
6. Apa saja hal-hal penting yang harus dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Hal-hal penting yang harus dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah:
- Daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
- Fotokopi ijazah terakhir
- Sertifikat
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Pasfoto
Selain hal-hal tersebut, instansi/lembaga juga dapat meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.
7. Apa saja manfaat surat lamaran pekerjaan?
Jawaban:
Manfaat surat lamaran pekerjaan adalah untuk menyampaikan permohonan untuk bekerja di suatu lembaga. Surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar dapat meningkatkan peluang untuk diterima bekerja di lembaga tersebut.
Kembali Ke Ringkasan Materi
Komentar
Posting Komentar